Kencono Rukmi, Durian ‘Sehat’ Asli Gunungkidul

Durian kencono rukmi gunungkidul via kompas
Durian kencono rukmi gunungkidul via kompas

Siapa yang tidak tahu durian, buah dengan wangi khas ini bisa dibilang rajanya buah. Hampir semua orang suka dengan buah dengan tekstur lembut ini. Namun meski begitu, ada pula yang tidak suka mencicipi, bahkan mencium aromanya saja sudah mual. Bukan tanpa sebab, tapi karena memang dari segi kesehatan, konon buah ini tinggi kolesterol dan dapat menaikkan tekanan darah. Namun kini tidak lagi. Bagi para pecinta raja buah yang punya tekanan darah tinggi, tetap dapat mengkonsumsi buah ini asal bukan sembarang durian, tapi durian Kencono Rukmi khas Gunungkidul.

Nama Kencono Rukmi baru dikenal kurang lebih mulai tahun 2012 silam. Nama varietas ini diresmikan dengan diturunkannya Surat Keputusan (SK) Kementrian Pertanian yang menetapkan bahwa Kencono Rukmi merupakan ‘merk’ dari durian Gunungkidul. Nama Kencono Rukmi muncul pertama kali saat Bupati Gunungkidul, Badingah ingin meluncurkan varietas  durian di Kementrian Pertanian. Ada tiga opsi nama, Arga, Kencana, dan Kencono Rukmi. Oleh Kementrian Pertanian, nama yang dipilih adalah Kencono Rukmi. Durian Kencono Rukmi banyak tumbuh di Pathuk. Hampir setiap penduduk paling tidak memiliki satu pohon durian varietas ini.



Kencono Rukmi sendiri artinya emas. Besar harapan durian ini menjadi ‘emas’ bagi warga Gunungkidul. Nama ini juga sesuai dengan warna daging buahnya yang seperti emas bahkan cenderung orange. Berbeda dengan durian lain yang warnanya cenderung putih kekuningan. Secara fisik, warna kulit durian Kencono Rukmi lebih kuning, sedangkan durian lainnya biasanya memiliki kulit yang cenderung hijau.

Selain warnanya yang orange menggiurkan, konon menurut penelitian yang telah dilakukan, durian ini mengandung lebih sedikit kolesterol dibanding dengan jenis durian yang lain. Selain itu, apabila durian lain dapat mengakibatkan kenaikan tekanan dan kadar gula darah, Kencono Rukmi diklaim tidak memberikan efek serupa. Hal ini dibuktikan dengan rasa dari durian yang ini yang tidak terlalu legit.

Ono rego, ono rupo. Ada harga, ada kualitas. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, wajar apabila durian Kencono Rukmi dibandrol dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibanding jenis durian yang lain. Satu buah durian Kencono Rukmi ukuran kecil, biasanya dibandrol dengan harga Rp 50.0000 sampai Rp 75.000. Harga ini bisa lebih tinggi apabila ada event-event khusus wisata, seperti festival durian. Tertarik mencicipi? Langsung saja berkunjung ke Pathuk, Gunungkidul. Durian Kencono Rukmi biasanya berbuah pada bulan Desember seperti sekarang ini. Namun karena banyak dicari, biasanya durian ini lebih cepat habis dibanding durian varietas lain. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply