Menikmati Sejuknya Udara di Air Terjun Benang Stokel Lombok

Pintu masuk ke Air Terjung Benang Stokel
Pintu masuk ke Air Terjung Benang Stokel

Dingin dan segar. Begitulah kira-kira yang dirasakan ketika mengunjungi Air Terjun Benang Stokel. Berada di kawasan Kaki Gunung Rinjani, Air terjun Benang Stokel  menyajikan suasana yang sejuk nan menenangkan. Meski membutuhkan waktu yang cukup lumayan (sekitar 30 menit dari Praya) untuk menuju ke lokasi ini, namun dijamin tidak akan menyesal.

Air Terjun Benang Stokel adalah satu diantara beberapa air terjun yang ada  di Kabupaten Lombok Tengah. Merupakan satu diantara beberapa wisata alam yang wajib dikunjungi ketika datang ke Pulau Seribu Masjid ini. Meski letaknya bisa dibilang cukup jauh dari pusat kota, air terjun ini selalu ramai pengunjung. Bukan tanpa alasan, sebab di kawasan ini juga terdapat satu air terjun lain yang tidak kalah menarik, yakni Air Terjun Benang Kelambu.



Dalam bahasa setempat, Benang Stokel artinya segumpal benang. Nama ini disematkan karena air terjun ini memiliki bentuk seperti segumpal benang yang diikat jadi satu. Terdapat dua air terjun, masing-masing memiliki ketinggian 30 meter. Dengan air yang cukup jernih, dan letaknya yang dikelilingi hutan, membuat siapa saja betah berlama-lama disini.

Air Terjun Benang Stokel secara administratif berada di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batuk Keliang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Menuju ke lokasi ini, hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Belum ada angkutan umum,, termasuk transportasi online sekalipun. Kendaraan hanya bisa sampai di pintu gerbang kawasan air terjun. Sampai disini, pengunjung harus memarkirkan kendaraan dan selanjutnya berjalan kaki menuju ke air terjun. Atau kalau mau, bisa juga menyewa jasa ojek yang dikelola oleh pemuda setempat.

Air Terjun Benang Stokel NTB
Air Terjun Benang Stokel NTB

Masuk ke kawasan air terjun ini, wisatawan lokal dari luar daerah akan dikenai tarif sebesar Rp 110.000 untuk satu rombongan yang terdiri dari 3 orang. Tarif ini sudah termasuk biaya jasa bagi pemandu lokal. Ada dua cara menuju ke air terjun Benang Stokel, jalan kaki dan naik ojek. Dari pintu gerbang menuju air terjun Benang Stokel, hanya butuh 5-10 menit dengan jalan kaki. Namun, pastikan tubuh dalam kondisi fit dan jangan lupa gunakan alas kaki yang menunjang.

Berkunjung ke air terjun Benang Stokel sebaiknya pagi atau siang hari. Lokasinya yang berada di kaki gunung dan dikelilingi oleh hutan, membuat suasana di sore hari sudah seperti senja menuju gelap. Sehingga sangat tidak disarankan untuk berkunjung sore hari, terlebih hutan ini banyak dihuni oleh monyet. Selain menikmati keindahan air terjun, jangan lupa untuk membeli buah yang dijajakan oleh masyarakat setempat. Salah satunya durian. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply