UGM Pertahankan Gelar Juara Umum Kompetisi Mahasiswa Keperawatan Nasional

UGM_juara_kompetisi_keperawatan_nasional_2018
UGM_juara_kompetisi_keperawatan_nasional_2018

Kabar baik kembali datang dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Belum lama ini, sekelompok mahasiswa dari kampus tertua Indonesia tersebut berhasil menyabet gelar juara umum dalam ajang Scientific Competition of Nursing (SOUND).  Gelaran yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2012 ini berlangsung dari tanggal 2-4 November 2018 di Universitas Udayana, Bali.

Mahasiswa-mahasiswa dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM tersebut berhasil mempertahankan gelar juara umum yang juga diraih UGM pada SOUND 2017 lalu. Dalam gelaran tersebut, UGM diwakili oleh empat tim dengan total 12 mahasiswa.

Tim pertama terdiri dari Made Satya Gautama, Gaviota Khalis, dam Tubagus Laka dengan pembimbing Bayu Fhandy Ahmad berhasil menjadi juara pada kategori poster publik. Tema yang mereka angkat adalah “Liburan Sehat Besama Care Trip”.  Dimana Care Trip sendiri merupakan sebuah prototype aplikasi untuk telepon pintar.



Dilansir dari laman UGM, Made menuturkan, Care Trip merupakan sebuah aplikasi yang dimaksudkan untuk mendukung pariwisata di Indonesia. Ia beralasan, Indonesia merupakan Negara tropis dimana penyakit khas wilayah tropis mudah sekali berkembang. Kondisi ini tentu berpengaruh terhadap para wisatawan. Dalam Care Trip terdapat beberapa menu seperti my trip, med trip, talk care, serta zone care.

Menu-menu ini akan memberikan informasi terkait tempat wisata berkaitan dengan kesehatan, seperti keamanan tempat wisata, ketersediaan pelayanan kesehatan, hingga daftar obat yang harus dikonsumsi ketika seorang wisatawan berada dalam kondisi terapi penyakit tertentu. Selain tim Made, satu tim lain dari FKKMK UGM juga turut berhasil meraih juara favorit poster publik. Terdiri dari Annisa Risnasari, Regita Maharatri, dan Etika Ratnasari, ketiganya membuat poster bertajuk “Jelajah Mudah Bebas Gundah”

Tim lain yang terdiri dari Dhetya Khoirunnisa Kusumastuti, Desi Dwi Siwi Atika Dewi, dan Ni Wayan Ayu Maharani dengan pembimbing Anita Kustanti juga berhasil menyabet gelar juara dalam kategori video edukasi. Membawakan video berjudul “Solusi Cerdas Berantas DBD”, tim ini berhasil menyabet gelar juara 1. Video ini berisi tentang langkah-langkah pencegahan DBD dengan mengedepankan akronim 3M OKE ynag terdiri dari menguras, menutup, dan mengubur. Tiga langkah ini kemudian dimantapkan dengan tips lain, yakni mengoptimalkan penggunaan lotion anti nyamuk, edukasi satu rumah satu jumantik, serta mengurangi fogging illegal di masyarakat.

Tidak cukup sampai disini, tim dari FKKMK UGM lain yang terdiri dari Alif Khanifudin, Luthfi Azizah, dan Andri Cipta juga menyabet juara 2 katergori video edukasi dengan sebuah video bertajuk “selalu Siap Sedia Saat Berwisata”. Dengan modal mengantongi empat juara ini, UGM kemudian ditetapkan sebagai juara umum Kompetisi Mahasiswa Keperawatan nasional 2018. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply