Jebol Server Lawan, Tiga Hacker Solo Sabet Juara di Gemastik XI

Mahasiswa-UMS-juara-Gemastik XI
Mahasiswa-UMS-juara-Gemastik XI

Hacker bagi sebagian masyarakat dianggap sebagai suatu perbuatan yang menyalahi aturan. Kegiatan ini dianggap sebagai bentuk pencurian data bahkan membajak akun,  secara tidak bertanggung jawab. Namun siapa sangka, ‘hacker’ yang selama ini dianggap sebagai perbuatan illegal, justru membuat tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melenggang menjadi juara sebuah kompetisi bergengsi tingkat nasional.

Adalah Fakhur Razi, Nur Chudlori, dan Ilham Wicaksono, tiga mahasiswa UMS yang memiliki hobi ‘hacker’. Dari hobi ini, mereka berhasil membuktikan kemampuannya dengan menggondol gelar juara 1 dalam ajang kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XI kategori bidang keamanan jaringan dan sitem informasi.

Mengangkat tema ‘Inovasi TIK untuk kedaulatan bangsa’, acara yang digawangi oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi ini  diselenggarakan di Intitust Teknologi Sepuluh November, Surabaya pada 1 November 2018.  Ada 11 kategori lomba yang dikompetisikan, antara lain Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi (Network Security & Information System), Pemrograman (Programing), Kota Cerdas (Smart City), Animasi (Animantion), Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Piranti Cerdas Sistem Benam dan IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Penambangan Data (Data Mining), dan Pengembangan Perangkat Lunak (Software Dev).  Pendaftaran peserta sendiri sudah dibuka mulai Agustus 2018.



Sebelum akhirnya masuk babak final, tim dari UMS ini harus berkompetisi dengan 100 tim server lain dari berbagai perguruan tinggi Indonesia. Dari penyisihan ini, diambil 10 tim server.  Dari ini, Fakhur dkk  harus menyisihkan 10  tim server yang  sama-sama terpilih maju ke babak final.  Menggunakan nama Sobron_WaRiOr ketiganya berjuang selama 5 jam untuk mempertahankan servernya sekaligus meretas server-server lawan. Hingga akhirnya mereka berhasil unggul dari 9 perwakilan perguruan tinggi lain. Kompetisi ini merupakan kali ketiga yang diikuti oleh Fakhur dkk. Selama ini mereka selalu sampai babak final, namun baru kali ini ketiganya berhasil menggondol gelar juara 1. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply