UGM Sabet Juara 1 Kompetisi Eksplorasi Tambang Emas

UGM-juara-olimpiade-geologi-indonesia
UGM-juara-olimpiade-geologi-indonesia

Kabar membanggakan kembali datang dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Belum lama ini, mahasiswa perwakilan UGM mengikuti Olimpiade Geologi Indonesia (OGI). Bertempat di Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjajaran, Bandung, kegiatan ini dilangsungkan tanggal 18-20 Oktober 2018. Pada olimpiade tersebut, perwakilan UGM berhasil menyabet gelar juara satu dan mendapatkan trofi penghargaan dalam ajang Gold Exploration Competition.

UGM yang dalam kesempatan ini diwakili tiga orang mahasiswanya, yakni Wino Fadriand (Teknik Geologi 2015), Salma Difa Masti (Teknik Geologi 2015), dan Mradipta Lintang (Teknik Geologi 2015), berhasil keluar menjadi juara setelah mengalahkan ratusan peserta perwakilan dari berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia.

Gold Exploration Competition sendiri merupakan suatu ajang lomba studi kasus yang berkutat dengan eksplorasi sumber daya mineral dalam hal ini dikhususkan emas. Pada kompetisi tersebut, peserta diwajibkan untuk mampu menyajikan data eksplorasi mineral suatu perusahaan dan kemudian dianalisis. Hasil analisis ini disamping untuk mengidentifikasi potensi endapan emas, juga dimaksudkan memberikan rekomendasi titik bor  untuk tahap eksplorasi sumber daya emas selanjutnya di lapangan.

Selama kompetisi berlangsung, para peserta diberikan waktu selama 420 menit untuk melakukan analisis dan menyajikan hasilnya dalam bentuk presentasi. Dengan data yang ada, para peserta ditantang untuk memberikan penilaian tentang potensi emas di lokasi-lakasi yang telah ditentukan dalam waktu yang singkat. Mereka juga dituntut untuk berpikir layaknya para explorationist yang melakukan praktek langsung dilapangan. Padahal selama ini, para mahasiswa tersebut terbiasa dengan idealis dan teoritif dari berbagai macam buku dan referensi lainnya. Disisi lain, kondisi di lapangan, bisa jadi sangat berbeda dengan segala macam referensi yang selama ini dibaca.

Dikutip dari laman UGM, Salma mewakili timnya mengaku bangga menjadi juara untuk dalam kategori kompetisi eksplorasi emas ini. Menurutnya, apapun prestasi yang kini mereka dapatkan, tidak lepas dari proses persiapan lomba yang matang, kerja sama tim yang baik, serta kejelian tim untuk melakukan analisis eksploratif secara komprehensif. (Sije)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply