Gema Budaya Keraton Yogyakarta di Wesleyan University AS

Lawatan Keraton Yogyakarta ke Amerika Serikat
Lawatan Keraton Yogyakarta ke Amerika Serikat

Tim Kesenian Keraton Yogyakarta melakukan lawatan ke Amerika Serikat. Dalam acara yang berlangsung dari tanggal 5-12 November tersebut, beberapa kegiatan kesenian turut digelar, diantaranya pertemuan dengan America-Indonesia Chamber of Commerce, pertunjukkan seni, symposium budaya Jawa, pementasan tari, wayang golek, wayang kulit, hingga workshop budaya dan seni.

Tidak kurang dari 9 penari disiapkan untuk menampilkan tiga tarian pilihan di Wesleyan University dalam rangka kunjungan kebudayaan tersebut. Kesemuanya merupakan abdi dalem yang memangĀ  bertugas untuk menari. Bukan sembarang penari, formasi menjadi semakin mantap dengan adanya dua penari istimewa yakni putri pertama dan keempat raja Yogyakarta, GKR. MangkubumiĀ  dan GKR Hayu yang turut serta menarikan Tari Bedhaya Sang Amurwabhumi.



Pada kunjungan kebudayaan kali ini, tim kesenian Kraton Yogyakarta membawakan tiga tarian, yakni Tari Wayang Topeng-Klana Sewandana Gandrung, Tari Bedhaya Sang Amurwabumi, dan Tari Golek Menak Umarmaya-Umarmadi. Tari Bedhaya Sang Amurwabumi ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X setelah sebelumnya menciptakan Tari Bedhaya Herjuno Wiwaha.

Disampaikan oleh Penghageng (pimpinan) Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa, KHP Notonegoro, tarian ini bercerita tentang pernikahan antara Prajnaparamita dengan Amurwabumi. Tarian ini dipilih karena sarat akan budaya dan nilai seni. Meski sebelumnya Tari Bedhaya sudah pernah ditampilkan di berbagai Negara, salah satunya Jepang, namun untuk Tari Bedhaya Sang Amurwabhumi sendiri baru pertama kalinya ini ditampilkan di Amerika Serikat.

Sedangkan Tari Golek Menak, merupakan tarian yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX di awal ia bertahta. Tarian ini menceritakan tentang hikayat Amir Ambyah (Amir Hamzah) yang tertulis dalam serat Menak.

Dalam lawatan tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono X juga melakukan pertemuan dengan Walikota Middletown, Connecticut, Daniel T. Drew serta President Wesleyan University, Michael S. Roth. Ia juga menghadiri pertunjukkan tari yang dibawakan langsung oleh KPH Kridhamawardawa. Selain para penari, dalam tim kesenian ini juga terdapat akademisi, yakni Kepala Jurusan Pendidikan Seni Tari UNY, Kuswarsantyo yang bergelar KRT Condrowasewa. Pada lawatan tersebut, ia dipercaya untuk menjadi salah satu pembicara dalam workshop Tari di Dance Departement Wesleyan University. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply