Bubur Ayam Bandung Az Zahra, Pilihan Tepat untuk Sarapan yang Nikmat

Bubur Ayam Az Zahra Bandung
Bubur Ayam Az Zahra Bandung

Bicara keragaman kuliner di Indonesia memang tidak  ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, masing-masing daerah punya kekhasannya sendiri. Yogyakarta, bisa dibilang miniaturnya Indonesia.  Ada berbagai mahasiswa dan pelajar dari berbagai suku yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini secara tidak langsung kemudian mempengaruhi keragaman kulinernya juga. Meski begitu, kuliner lokal seperti gudeg tetap terjaga keberadaannya.

Salah satu kuliner yang bukan asli Jogja namun banyak digandrungi oleh masyarakat Jogja adalah bubur ayam. Bisa dibilang jenis makanan ini menempati urutan ketiga pilihan sarapan di Yogyakarta setelah gudeg, dan aneka jenis soto. Nah bicara tentang bubur ayam, di sekitar wilayah UGM tepatnya di sebelah barat Fakultas Fisipol UGM unit II, ada bubur ayam yang wajib dicoba bagi penggila olahan ayam. Namanya Bubur Ayam Bandung Az Zahra.

Buka sejak pukul 05.30 WIB, bukan lantas lapaknya sepi. Dari sejak buka, pembeli selalu datang silih berganti. Meski tergolong street food, rasanya juara. Bagi yang kurang suka kuliner dengan dominan rasa manis, kuliner satu ini wajib dicoba. Satu porsi bubur ayam disini berisi bubur, kuah kental nan gurih, potongan ayam, kedelai goreng, dan aneka taburan lainnya seperti bawang goreng dan semacamnya.

Tekstur bubur ayam disini lembut tapi padat. Jadi tenang buat yang makannya banyak, satu porsi bubur ayam disini, cukup untuk mengganjal perut sampai siang hari.  Disini juga asyik banget buat mereka yang tidak bisa makan tanpa ada kerupuk. Penjual menyiapkan toples-toples besar berisi kerupuk di masing-masing meja. Pembeli boleh mengambil sepuasnya. Ini menggiurkan sekali bukan untuk mahasiswa yang suka diskon dan gratisan. Jadi beli bubur satu porsi tapi menghabiskan kerupuk setengah toples juga tidak masalah. Asal bisa nahan malu saja. Hehe.

Satu porsi bubur ayam dengan kerupuk sesukanya ini dibandrol harga Rp 10.000 saja. Buat yang hobi makan sate jeroan, disini ada juga sate rempelo ati. Berbeda dengan sate ditempat lain, bumbu yang dipakai untuk meracik cukup kental dengan rasa manis dan gurih saling menyatu. Mantap betul pokoknya.

Mencoba lezatnya bubur ayam Az Zahra ini baiknya saat pagi. Sekitar jam 06.00 WIB. Agak siang sedikit, pembeli sudah ramai mengantri. Meski buka sampai siang, tapi pada kenyataannya, kalau sedang ramai-ramainya pukul 09.00 WIB, sudah tutup lapak karena sudah habis. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply