1.400 Peserta Meriahkan Wayang Jogja Night Carnival 2018

Wayang Jogja Night Carnival 2018
Wayang Jogja Night Carnival 2018

Wayang Jogja Night Carnival kembali digelar. Acara yang merupakan gelaran rutin tahunan sejak tahun 2016 tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Yogyakarta. Seperti tahun kemarin, Wayang Jogja Night Carnival ini diselenggarakan di kawasan bersejarah, Tugu Pal Putih atau yang lebih biasa dikenal dengan Tugu Jogja. Tadi malam (7/10/2018) ribuan penonton dari berbagai usia dan lapisan masyarakat tumpah ruah memadati salah satu jalan utama di Kota Yogyakarta tersebut.

Menampilkan konsep street art, para peserta karnaval berjalan dengan rute dari simpang tiga Jembatan Gondolayu di Jalan Sudirman ke arah Tugu Yogyakarta dan berakhir di Jalan Margo Utomo. Tidak kurang dari 1.400 peserta dari 14 kecamatan yang tersebar di wilayah Kota Yogyakarta turut serta memeriahkan suasana. Masing-masing perwakilan unjuk kebolehan di depan ribuan penonton. Sebagian besar menggunakan kostum wayang tradisional dengan sedikit modifikasi.  Tiap kecamatan hadir dengan tokoh wayang yang berbeda, misalnya Kotagede dengan Rama Shinta, Danurejan dengan Srikandi, Kraton dengan Larasati, dan Gondomanan dengan Kunti.



Pada gelaran yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya ini, hadir pula Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, serta Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam sambuatnnya, Sultan menyampaikan harapan agar kedepannya Yogyakarta selalu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat serta selalu dikenal dengan keistimewaannya.

Dikutip dari laman resmi pemerintah provinsi DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan, “Wayang Jogja Night Carnival ini adalah ajang interaksi antar budaya tradisional wayang dengan budaya modern. Karnaval ini diharapkan mampu menjadi hiburan yang spektakuler sekaligus mengukuhkan Yogyakarta sebagai kota berbudaya dan berperadaban yang penuh toleransi.”

Wayang Jogja Night Carnival 2018
Wayang Jogja Night Carnival 2018

Tahun ini, Wayang Jogja Night Carnival dibawakan sedikit berbeda dengan adanya penampilan flashmob yang dibawakan oleh para penari dengan kostum wayang. Suasana menjadi semakin riuh ketika Sri Sultan HB X bersama dengan Walikota Yogyakarta dan GKBRAy A Paku Alam X turut serta mengikuti irama flashmob dari deretan kursi VVIP. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply