Es Buah PK Legenda Kesegaran di Tengah Kota Yogyakarta

Es Buah PK
Es Buah PK

Akhir-akhir ini suhu di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya sedang panas-panasnya. Setiap siang hari suhu bisa mencapai 33-35oC. Bagi masyarakat Yogyakarta yang cenderung terbiasa dengan cuaca sejuk, hal ini tentu saja perlu disiasati. Terutama bagi mereka yang sehari-harinya bekerja di luar rumah. Minuman dingin menjadi satu hal yang paling banyak diburu.

Salah satu kedai minuman dingin yang selalu ramai oleh pembeli adalah ‘Es Buah PK’. Nama PK diambil dari lokasi tempat berjualanan, yakni daerah Pakuningratan. Kabarnya warung es buah ini sudah ada sejak tahun 1973 silam. Sudah nyaris setengah abad berdiri, rasanya tentu saja tidak perlu diragukan lagi.

Satu mangkuk Es Buah PK, berisi aneka potongan buah seperti nangka, sawo, kelapa muda, apabila sedang musim kadang ditambah juga dengan blewah, serta alpukat. Ada pula potongan cincau hitam sebagai pelengkapnya. Campuran ini kemudian ditambahkan dengan serutan es batu kemudian disiram dengan larutan sirup racikan sendiri dan kental manis coklat. Sederhana memang, tapi aroma nangka yang mendominasi membuat kesegaran es buah PK sayang untuk dilewatkan.



Setelah sekian lama hanya berjualan es buah saja, Pak Karmio selaku pemilik warung kemudian berinisiatif menambah menu baru, yakni bakso sapi. Siang hari, panas menyengat, menyantap bakso ditemani dengan semangkuk es buah tentu menjadi satu pilihan menu makan siang yang mantap.

Es Buah PK buka dari sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Namun meski begitu, begitu menjelang siang kira-kira pukul 11.00 WIB, warung yang berada di pinggir jalan Kyai Mojo No.111, Kota Yogyakarta, tersebut sudah penuh dengan pembeli. Bahkan sering kali para pembeli tersebut harus rela menunggu pembeli lain selesai menyantap hidangan, baru selanjutnya bergantian menggunakan tempat. Jadi kalau penasaran dan malas mengantri, sebaiknya datang sesaat setelah warung Es Buah PK dibuka.

Satu porsi es buah disini dibandrol harga Rp 8000 saja. Harga yang cukup murah untuk  kesegaran yang melegenda bukan. Sedang untuk menu bakso sapinya, bisa dinikmati hanya dengan membayar Rp 10.000 saja. Enak, murah, dan pastinya mengenyangkan. Bagi warganet yang ingin mencicipi kuliner legenda ini, ada baiknya menggunakan transportasi berupa kendaraan roda dua atau naik ojek online saja. Lokasinya yang pas di pinggir jalan, membuat tidak adanya lokasi parkir yang luas. Semoga hal ini bisa menjadi hal yang diperhatikan lagi kedepannya. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply