Resensi Buku PhD Parents Stories Menggapai Mimpi Bersama Pasangan Hidup

Buku_PhD_Parent_Stories
Buku_PhD_Parent_Stories

Judul               : PhD Parents Stories

Penulis             : Ario Muhammad, Ph.D

Terbit               : Juli 2018

Halaman          : 293 halaman

Penerbit           : NEA Publishing

 

Di balik kesibukan sebagai mahasiswa PhD University of Bristol, UK, Ario Muhammad berhasil menerbitkan buku kelimanya setelah Notes From England, Inspirasi dari Tanah Eropa, Islammu adalah Maharku, dan Notes of 1000 Days In Taiwan. Berbeda dari karya-karya sebelumnya yang berkisah tentang catatan perjalanan di negeri orang, buku PhD Parents Stories menampilkan perjuangan penulis bersama istrinya sebagai sesama mahasiswa PhD.

PhD Parents Stories menampilkan kisah-kisah inspiratif para mahasiswa yang sibuk dengan kuliah di UK dan di waktu yang sama harus berperan sebagai orang tua bagi anak-anaknya. Buku ini mematahkan persepsi sebagian besar orang, bahwa muslimah yang telah menikah biasanya hanya berdiam di rumah mengurus dapur dan kasur. Beberapa contoh kisah yang dituliskan merupakan kisah nyata dari istri penulis sendiri, Ratih Nur Esti A., yang kemudian disambung dengan kisah inspiratif Dewi Nur Aisyah, kandidat PhD dari UCL, dan beberapa kisah muslimah dari negara lain. Hal ini membuktikan bahwa islam tidak mengekang perempuan. Islam menjadikan perempuan mulia, bukan mengekang keterampilannya. Mereka boleh tumbuh di dunia luar tanpa melupakan peran utamanya di rumah.

Pada bab awal, buku ini bercerita tentang memilih pasangan hidup. Bahwa kesamaan visi dan cita-cita harus menjadi alasan pokok untuk menentukan siapa yang berhak mendampingi perjuangan hidup kita. Sebagaimana subjudul buku ini, ”menggapai mimpi bersama pasangan hidup”, masa depan keluarga ditentukan dari bagaimana cara memilih pasangan hidup.



Selain membahas tentang perempuan-perempuan semesta yang berprestasi namun tetap menjadi ibu yang baik, buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan dunia parenting. Penulis bukan sekadar bercerita tentang pengalaman parentingnya, melainkan juga mengambil beberapa penelitian dari jurnal ilmiah.

 

Kelebihan

Buku ini bukan sekadar menceritakan perjuangan sepasang suami istri dalam membangun keluarga sembari kuliah. Namun materi-materi parenting hingga memilih pasangan, didasarkan pada contoh konkrit, ayat dan hadis, serta penelitian ilmiah beberapa jurnal. Sehingga ilmu-ilmu yang didapat dari buku ini, bukan lagi subyektif dari sudut pandang penulis.

 

Kekurangan

Seakan digarap dengan terburu-buru, masih banyak yang tidak lolos proses editing. Banyak ditemukan kata-kata typo, daftar isi yang tidak beraturan, dan margin yang terlalu mepet tepi halaman.

Bagi yang sedang berproses menentukan pasangan hidup, buku ini cocok untuk kembali membangun masa depan keluarga melalui cara memilih yang tepat. Bagi sepasang suami-istri yang sudah dikaruniai anak, buku ini juga cocok untuk kembali belajar dan menata arah layar perahu keluarga. (Alya)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply