1.523 Mahasiswa Adu Gagasan di PIMNAS 2018

PIMNAS-2018 via pimnas31.uny.ac.id
PIMNAS-2018 via pimnas31.uny.ac.id

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau lebih sering disebut PIMNAS resmi dibuka pada Kamis, 30 Agustus 2018. Setidaknya 1.523 mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia turun gunung untuk adu gagasan dalam gelaran rutin tahunan ini. Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) UNY, PIMNAS ke-31 ini dibuka oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir.

Tahun ini, merupakan tahun  dengan peserta terbanyak dalam sejarah. Tercatat 136 perguruan tinggi turut serta gelaran ini dengan membawa setidaknya 440 proposal penelitian yang siap dilombakan.  Mengangkat tema “Muwujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, kemandirian, dan Kencendekiaan dalam Bingkai Kebhinekaan, PIMNAS 31 kali ini diselenggarakan hingga tanggal 2 September 2018 mendatang.



Dilansir dari laman resmi PIMNAS 31, beberapa lomba juga turut serta meramaikan gelaran ini. Diantaranya, lomba poster, lomba fotografi, lomba pertujukkan kewirausahaan, lomba pameran produk, lomba puisi, dan lomba esai. Poster peserta PIMNAS 31 yang ditempelkan di Hall Tenis Indoor UNY bukan hanya diperuntukkan bagi peserta PIMNAS 31 saja. Melainkan juga untuk umum. Siapapun dipersilakan untuk melihat langsung gagasan kreatif anak bangsa ini.

PIMNAS-2018 via pimnas31.uny.ac.id
PIMNAS-2018 via pimnas31.uny.ac.id

Selaku tuan rumah, UNY sendiri mengirimkan sebanyak 15 judul proposal penelitian. Rektor UNY, Sutrina Wibawa dalam sambutannya menyatakan, dengan dijadikannya UNY sebagai tuan rumah PIMNAS ke-31 ini, ia berharap terjadi peningkatan kehidupan akademis di UNY. Ia juga berpesan agar kompetisi ini berlangsung secara kraetif, inovatif, serta solutif dengan tetap mengedepankan semangat kebersamaan dan persatuan. Saat ini, UNY berada dalam Klaster 1 nasional. Targetnya, UNY akan unggul di Asia tenggara tahun 2019 mendatang.

Dalam event ke  31 kali ini, ada tujuh bidang PKM yang dilombakan, antara lain PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian  Pada Masyarakat  (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan terakhir PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Dalam hal ini, UNY selaku tuan rumah mengunggulkan PKM Kewirausahaan. Hal ini disampaikan  oleh Wakil Rektor 3 UNY, Sumaryanto. Menurutnya, Kewirausahaan merupakan hal yang unggul di UNY. Hal ini terbukti dengan peringkat KOPMA UNY menduduki peringkat tiga besar nasional dengan berbagai macam kegiatannya mulai dari UKM Kewirausahaan hingga Plaza UNY yang memajang serta menjual aneka produk karya mahasiswa.

Lokasi pelaksanaan yang di Jogja membuat maskot PIMNAS 31 sendiri juga tidak jauh-jauh dari unsur Yogyakarta.  Tahun ini, maskot PIMNAS 31 didesain seperti prajurit Prawiratama Keraton Yogyakarta. Dimana nilai yang terkandung didalamnya, adalah berani dan pandai. Harapannya para peserta dapat meneladani sifat-sifat tersebut. (Sije)

Be the first to comment

Leave a Reply