Sambut Mahasiswa Baru, UNS Resmikan Fakultas Keolahragaan (FKor)

fakultas-olahraga-uns (via Tribunsolo)
fakultas-olahraga-uns (via Tribunsolo)

Setelah menunggu sekian tahun, Fakultas Keolahragaan (FKor) UNS akhirnya diresmikan. Prosesi peresmian fakultas baru ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan rangkaian Pelantikan Mahasiswa Baru UNS 2018. Bertempat  di Lapangan Rektorat UNS pada Senin (13/08/18), peresmian akan dilakukan oleh Rektor UNS Surakarta, Ravik Karsidi.

Prosesi ini ditandai dengan penyerahan Petaka oleh Ravik selaku Rektor UNS kepada Pelaksanan Tugas (Plt.) Dekan Fakultas Keolahragaan, Joko Nurkamto. Dalam peresmian tersebut, hadir mendampingi penyerahan Petaka, Ketua Senat UNS  Suntoro, Ketua Senat Fakulta Keolahragaan Sugiyanto, dan Plt. Wakil Dekan Fakultas Keolahragaan.



Sebagai awalan, Fakultas Keolahragaan (FKor) ini memiliki jenjang program Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan  (S1) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Selain itu, dibuka pula Program Magister (S2) Ilmu Keolahragaan dan Program Doktor (S3) di Ilmu Keolahragaan. Menilik sejarahnya, FKor sendiri merupakan pecahan dari program studi (prodi) Kepelatihan dan prodi Jasmani dan rekreasi. Dua prodi ini awalnya berada dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS.

Dilansir dari Tribunsolo.com, Ravik berharap FKor dapat berperan aktif dalam pewujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan professional.  Ia juga berharap, kedepannya FKor dapat memberikan sumbangsih dalam penelitian yang berkualitas dan berdampak pada kemajuan dunia olahraga nasional dan internasional.

Sebagai fakultas baru, FKor telah memenuhi prasyarat dari Kemenristekdikti, seperti tercukupinya tenaga pengajar dan tenaga pendidikan sebagai tim kelola baik untuk program S1, S2, maupun S3. Dilihat dari segi sarana dan prasarana, FKor juga telah memiliki gedung perkuliahan, gedung fakultas, hingga peralatan lain yang mendukung pembelajaran mahasiswa, sehingga sudah bisa diresmikan menjadi satu fakultas tersendiri, tidak lagi menginduk FKIP. Sedangkan untuk jumlah mahasiswa, Ravik menjelaskan, “Angkatan pertama ini, kami menerima sekitar 200 mahasiswa baru.”

Selanjutnya, Ravik bahkan juga sudah membuka peluang bagi para pemain sepak bola timnas U16 untuk menjadi bagian dari FKor UNS apabila telah menyelesaikan sekolah menengahnya. Nantinya para pesepakbola ini dapat menggunakan jalur undangan untuk mendaftar sebagai mahasiswa disini. (Sije)

Be the first to comment

Leave a Reply