Jelang Kemerdekaan, Bendera Raksasa Dikibarkan di Gunung Api Purba

Bendera-merah-putih-raksasa-Gunung-Api-Purba-Nglanggeran
Bendera-merah-putih-raksasa-Gunung-Api-Purba-Nglanggeran

Sebuah bendera merah putih raksasa berukuran 42×28 meter dibentangkan di Gunung Buchu, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Upacara pembentangan bendera merah putih raksasa ini dilaksanakan jam 09.00 WIB, hari Senin, 13 Agustus 2018 lalu. Persiapannya sendiri sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Mulai dari penyiapan bendera, hingga gladi bersih prosesi pembentangan. Menggunakan sistem tali, bertindak sebagai petugas pembentangan bendera adalah anggota Gorila Adventure.

Selain pembentangan bendera raksasa, di sekitar Embung Nganggeran ditancapkan pula 1000 bendera merah putih dengan ukuran biasa. Lokasi penancapan mulai dari parkiran embung Nganggeran hingga di sekitar bibir embung.  Usai penancapan bendera, baru kemudian tim pembentangan bendera turun sambil membentangkan bendera menggunakan sistem rappelling.



Selama kurang lebih 45 menit, 15 orang yang bertugas berusaha untuk membentangkan bendera merah putih raksasa tersebut. Waktu yang cukup lama ini, selain karena ukuran bendera yang cukup besar, Puncak Buchu sendiri sebenarnya tidak pernah dipanjat. Meski dalam satu bulan terakhir, tim sudah melakukan persiapan dan pembuatan jalur, namun jalur yang dilewati memang penuh dengan semak setinggi orang dewasa. Hal ini diungkapkan oleh Aris Budiyanto, salah satu anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Api Purba Nglanggeran.

Persiapan serta prosesi  pembentangan bendera raksasa ini tidak hanya dilakukan oleh masyarakat saja. Banyak pihak terlibat, mulai dari Polres, TNI, dan lain sebagainya. Sebelum dibentangkan, bendera yang dijahit oleh Zamyar ini diangkat oleh 73 orang dari berbagai unsur yang terlibat.

Bendera-merah-putih-raksasa-Gunung-Api-Purba-Nglanggeran via SAR Baron
Bendera-merah-putih-raksasa-Gunung-Api-Purba-Nglanggeran via SAR Baron

Pemilihan Gunung Nglanggeran sebagai lokasi pembentangan bendera ini bukan tanpa sebab. Gunung Nglanggeran merupakan salah satu geosite dari 13 geosite yang berada di Gunungkidul. Harapannya dengan adanya acara semacam ini, akan semakin memperkenalkan Gunung Nglanggeran ke wisatawan yang lebih luas. Sehingga lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Gunung Api Purba ini.

Sampai berita ini ditulis, bendera merah putih raksasa ini masih terbentang di tebing Gunung Buchu. Rencananya, bendera ini akan dibentangkan hingga tanggal 20 Agustus 2018 mendatang. Bagi warganet yang ingin melihat langsung bendera merah putih ini, langsung saja berkunjung ke Gunung Api Purba Nganggeran, di Patuk Gunung Kidul. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply