13 Mahasiswa UGM Lakukan Riset di Negeri Pilianan Maluku

MAPAGAMA-UGM
MAPAGAMA-UGM

Sebanyak 13 mahasiswa UGM anggota MAPAGAMA (Mahasiswa Pecinta Alam Gadjah Mada) melakukan eksplorasi berbasis penelitian di Negeri Pilianan, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Ketigabelas mahasiswa ini tergabung dalam kelompok UGM Research Expedition II (URE II). Selama 21 hari terhitung sejak 30 Juni hingga 21 Juli, mereka akan melalukan berbagai penelitian di wilayah yang berada di kaki Gunung Binaya tersebut.

Mengangkat tajuk “7 Summits Unique of Indonesia Arshipelago”, para mahasiswa ini melakukan riset terkait 3 hal, yakni lingkungan biotik, abiotik, serta budaya lokal setempat. Disamping itu, mereka juga akan melakukan eksplorasi terhadap sejumlah gua di kawasan Taman Nasional Manusela serta melakukan pendakian Gunung Binaya. Pemilihan lokasi Negeri Piliana ini bukan tanpa sebab. Selain berada di kaki Gunung Binaya, lokasi ini juga dekat dengan desa binaan Taman Nasional Manusela. “Masih sedikit penelitian yang dilakukan di kawasan ini. Sehingga kami ingin menggali informasi lebih mendalam,” ungkap Michael Warren Akyuwen, salah satu peserta, seperti yang dikutip dari laman ugm.ac.id.

Menurut informasi dari Michael, tim URE II telah selesai melakukan penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan berbagai informasi menarik baik itu dari segi wisata alam, budaya masyarakat sehari-hari, hingga rumah adat setempat. Saat ini dalam tahap sosialisasi terhadap masyarakat Piliana atas hasil yang mereka peroleh selama melakukan penelitian. Harapannya, informasi yang mereka dapatkan dan bagikan tersbeut dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar sehingga dapat dijadikan salah satu bahan untuk membangun Negeri Piliana.

MAPAGAMA-UGM
MAPAGAMA-UGM

Tiga belas mahasiswa yang tergabung dalam tim URE II ini anatara lain, Fahmi Arsyad dari Fakultas Peternakan 2015, Alamsyah Prabayu dari Fakultas Biologi 2015, Deswita Ayu Wandira dari Arkeologi 2016, Eni Paryani dari Geografi 2016, Michael Warren Akyuwen dari Fakultas Hukum 2015, Kresna Muharram dari FMIPA 2016, Sitaresmi dari Teknologi Pertanian 2016, Muhammad Ilham dari Teknik Geologi 2016, Rachmad Willy Adam dari Pariwisata 2016, Nabila Huwaida dari Ekonomi dan Bisnis 2016, Alfira Ihda, Sholeh Firmansyah dan Toto Karsius dari Sekolah Vokasi 2016.

Ekspedisi di Maluku ini merupakan Ekspedisi Nasional kedua yang dilakukan oleh MAPAGAMA. Sebelumnya, pada ekspedisi pertama dilaksanakan di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dengan mengangkat tema, “Merapi: Dulu, Kini, dan Nanti.” (Sije)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply