Kece! Warga Nogotirto Sambut Bulan Kemerdekaan dengan Lukisan Tiga Dimensi

Lukisan_tiga_dimensi_nogotirto_sleman (krjogja.com)
Lukisan_tiga_dimensi_nogotirto_sleman (krjogja.com)

Jelang tanggal 17 Agustus yang merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia, hal yang selalu dan pasti dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah berbenah. Dari kota hingga ke pelosok desa berusaha memoles lingkungannya menjadi lebih rapi dan tentu saja agar terasa ‘Indonesia banget’. Gerbang-gerbang desa dicat ulang sedemikian rupa dengan warna merah dan putih. Umbul-umbul dipasang. Bendera dikibarkan hampir di setiap halaman rumah warga. Beberapa instansi bahkan sudah mulai memasang atribut merah putih di sepanjang pagar kantor masing-masing.

Hal yang sama dilakukan pula oleh warga Perumahan Nogotirto  5 RT 5 RW 35, Desa Nogotirto, Gamping, Sleman, DIY. Tidak seperti atribut kebanyakan, warga di perumahan ini menghias lingkungannya dengan cara yang unik dan berbeda, yakni dengan membuat lukisan tiga dimensi di jalanan dusun. Beberapa spot sengaja digambari dengan bentuk yang instagramable, seperti permadani terbang, potongan kayu dengan warna cerah, perahu warna warni hingga rubik dengan warna yang ceria. Selain itu, polisi tidur yang sebelumnya sudah ada pun juga dicat ulang sehingga menjadi terlihat tiga dimensi apabila dilihat dari kejauhan.



Dilansir dari krjogja.com, Yohanes Wibisono selaku Ketua RT setempat mengatakan bahwa jalanan di perumahan Nogotirto 5 ini bisa dibilang satu-satunya wilayah yang mengambil tiga dimensi sebagai tema untuk mempercantik lingkungan. Pembuatan lukisan tiga dimensi ini salah satunya adalah dimaksudkan untuk memeriahkan lomba kebersihan dalam rangka peringatan HUT RI ke-73.

Lukisan_tiga_dimensi_nogotirto_jogja (krjogja.com)
Lukisan_tiga_dimensi_nogotirto_jogja (krjogja.com)

Menurut keterangannya, tujuan dari memperindah lingkungan ini adalah untuk mensukseskan program Nogotirto cantik. Semua warga mensetujui ide lukisan tiga dimensi ini. Untuk membuatnya, Wibisono mengajakan seluruh warganya untuk bergotong-royong. Selama satu hari penuh, warga masyarakat kerja bakti untuk membersihkan serta mempercantik lingkungan, termasuk melukis gambar  tiga dimensi.

Lukisan_tiga_dimensi_nogotirto_jogja1(krjogja.com)
Lukisan_tiga_dimensi_nogotirto_jogja1(krjogja.com)

Masih menurut Wibisono, dalam pembuatan lukisan tiga dimensi ini pun hanya melibatkan warga sekitar. Lukisan tiga dimensi digambar sendiri oleh warga setempat. Mulai dari pemilihan konsep, desain, hingga proses melukis, dilakukan secara bergotong-royong. Termasuk soal dana, warga amsyarakat secara sukarela iuran untuk mewujudkan lukisan tiga dimensi ini.  (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply