FKY 30, Dari Mainan Tradisional Hingga Panggung Hiburan

FKY30-festival-kesenian-yogyakarta
FKY30-festival-kesenian-yogyakarta

Habis Pasar Kangen terbitlah FKY 30 (Festival Kesenian Yogyakarta 30). Belum lama habis hingar bingar Pasar Kangen, Yogyakarta kembali diramaikan dengan festival kesenian rutin tahunan. Kali ini, seperti tahun kemarin, FKY 30 mengambil tempat di Planet Pyramid Jalan Parangtritis Km 5.5, Bantul, DIY.  Tidak jauh dari jalan lingkar selatan Yogyakarta.

Apa saja yang bisa kita lihat disana? Banyak. Buat anda yang mengaku manusia kreatif, wajib banget berkunjung ke gelaran ini. Dijamin akan muncul banyak ide untuk membuat sesuatu yang lebih kreatif lagi. Begitu sampai di pintu masuk FKY30, pengunjung disuguhi dekorasi yang unik tapi sebenarnya sangat sederhana. Menggunakan kain berwarna-warni, panitia mampu menyamarkan besi-besi yang biasanya digunakan untuk proses pembangunan gedung menjadi dekorasi yang menarik. Semakin masuk, hiasan semakin ciamik namun tetap sederhana dengan kain-kain serupa namun ditata dengan cantik.



Begitu masuk ke deretan pasar seni, pengunjung langsung disambut dengan aneka mainan tradisional di stand Kampung Dolanan Pandes. Mulai dari kitiran, wayang-wayangan dari kertas, kipas warna-warni, hingga kapal othok-othok. Generasi milenial pasti tahu banget mainan-mainan ini.  Rindu masa kecil? Mari beli kenangan disini.

Bukan hanya yang tradisional saja, ada beberapa stand yang menawarkan produk-produk kreatif yang kekinian. Mulai dari gelang, rajutan, papercraft, produk hand lettering, karikatur wajah yang bisa jadi dalam waktu 5 menit, aneka kain dari penjuru Indonesia, buku-buku indie, mug dari bahan kaleng, aneka keramik dari Bantul, hingga kaktus-kaktus kecil yang ditata sedemikian rupa dalam pot-pot yang lucu. Lapar habis jalan-jalan? Langsung saja mlipir ke kawasan stand makanan. Mau cari apa? Mendoan? Telur gulung? Ada! Jangan kalap. Ingat timbangan ya.

Salah satu Stan di FKY30
Salah satu Stan di FKY30

Jadi isinya hanya jualan? Weits tunggu dulu. Selain aneka stand yang menawarkan produk-produk kreatif, panitia FKY30 juga telah menyiapkan aneka acara menarik buat pengunjung. Ada Bioskop FKY, Pameran Perupa Muda (Paperu), Panggung Seni, Panggung Senyap, Pentas Wayang Kulit, Panggung Mesemeleh, Aneka Workshop dan Lokakarya, Panggung Jalanan, dan satu yang tidak pernah ketinggalan Jogja Video Mapping Project (JVMP). Semua kegiatan ini gratis bagi siapapun.

Jadi tunggu apalagi? Ayo ke FKY30. Masih sampai tanggal 09 Agustus 2018. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply