Karnaval Topeng Awali Pembukaan FKY 30

Pawai Pembukaan FKY 30 di Yogyakarta
Pawai Pembukaan FKY 30 di Yogyakarta

Ratusan orang memadati jalan Malioboro. Sejak pukul 15.00 WIB, pusat wisata perbelanjaan Yogyakarta ini ditutup. Pasalnya, pada jam tersebut berlangsung pawai pembukaan festival Kesenian Yogyakarta yang ke-30 (FKY 30). Antusiasme masyarakat begitu luar biasa. Sampai-sampai pinggi jalan Maliobor tertutup oleh masyarakat yang ingin melihat kreasi seni para peserta pawai.

Mengambil tema ‘karnaval topeng’, pihak FKY 30 menggandeng berbagai sanggar tari serta komunitas seni yang tersebar di Yogyakarta. Tercatat sebanyak 29 kontingen memeriahkan gelaran tahunan ini. Pawai dimulai dari Parkir Abu Bakar Ali, selanjutnya Jalan Malioboro, dan berakhir di kawasan titik 0 kilometer. Sebelum pelepasan peserta karnaval, di panggung kehormatan yang didirikan di depan Kantor Gubernur Gedung Kepatihan Yogyakarta, diperdengarkan uyon-uyon gamelan Jawa yang dilanjutkan penampilan tari dari Sekar Pudyastuti persembahan Ayudyah Art Dance dengan pengiring Pengrawit Melodi Jawi.



Rangkai pembukaan kemudian dilanjutkan dnegan sambutan dari beberapa pihak, dan sebagai pembukaan secara simbolis, dilakukan pemukulan kentongan oleh Ketua Panitia FKY 30 –Roby Setiawan, Ketua DPRD DIY-H Yoeke Indra Agung L, Sekertaris Daerah  DIY- Gatot Saptadi, Wakil ketua DPRD DIY-Arif Noor Hartanto, serta Komandan Korem 072 Pamungkas Yogyakarta- Brigjend M. Zamroni. Kemeriahkan kemudian diambil alih oleh kelompok musik senyawa, yang kemudian dilanutkan dengan pemberangkatan iring-iringan kontingan karnaval.

Karnaval-FKY30
Karnaval-FKY30

Beberapa tim yang terlibat dalam karnaval tersebut antara lain, kelomok marching band Projotamansari, Sanggar Anak Saraswati, Cipto Wiloho, Omah Oblong T-shirt, Dharma Rini, Bisa Jadi Creative, Sanggar Seni Bayu, Laskar Seni FIP UNY, Aswo Pradongo Badran, Rogo Cahyo Putro Maeso, Artha Dance, LKP Natya Laksita Didik Nini Thowok, Sanggar RnB, Sanggar Tari Anak Tembi, Omah Joger Sedayu, dan lain sebagainya. Seperti tema yang diangkat, hampir semua peserta yang terlibat dalam karnaval ini menggunakan kostum berupa topeng atau semacamnya.

Dengan berakhirnya Karnaval Pembukaan FKY 30 ini, maka secara resmi FKY 30 telah dibuka. Bagi warganet yang memiliki kesenangan dalam dunia seni, jangan sampai melewatkan gelaran tahun yang berlangsung dari tanggal 23 Juli sampai 9 Agustus dengan venue utama di Planet Pyramid, Jalan Prangtritis Km 5,5, Bantul, DIY. (Sije)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply