Masjid Suciwati Saliman, Masjid di Jogja Rasa Timur Tengah

Masjid Suciati Saliman (sumber gambar : https://www.bentengtimes.com)
Masjid Suciati Saliman (sumber gambar : https://www.bentengtimes.com)

Masjid Suciwati Saliman, begitulah nama yang tertulis di beberapa ornament pelengkap masjid.  Sebuah masjid dengan arsitektur bangunan perpaduan nuansa Jawa dan Timur Tengah yang belum lama ini diresmikan, tepatnya tanggal 13 Mei 2018 lalu. Ada banyak kisah hikmah yang dapat kita petik dari berdirinya masjid ini. Salah satunya adalah cerita dari penyandang dana utama pendirian masjid yang terletak di Jalan Gito Gati No. 100, Sari harjo, Ngaglik, Sleman, DIY ini.

Namanya Suciati, si pengusaha dunia akhirat yang telah memiliki tekat untuk membangun sebuah masjid sejak  masih berusia remaja SMP. Berbekal lima ekor ayam, Ia merintis usaha pemotongan ayam. Ia dengan gigih membangun bisnis dari yang awalnya pemotongan ayam rumahan secara manual, hingga akhirnya berhasil mendirikan Rumah Potong Ayam (RPA) modern Saliman dengan brand ayam SR. Usahanya semakin kuat dengan diperolehnya sertifikasi halal MUI dan NKV (Nomor Kontrol Veteriner). Tidak berhenti sampai disini, tahun 2009 silam, Ia juga telah mendirikan RPA Suci Raharjo di Jombang Jawa Timur. Saat ini Ia memiliki perusahaan dalam bidang frozen food dengan nama PT Sera Food Indonesia.



Dari usahanya, Ia mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Hingga akhirnya tahun 2015 lalu, peletakan batu pertama atas pembangunan masjid impiannya terlaksana. Tiga tahun berselang, masjid dengan arsitektur ala Masjid Nabawi ini sudah bisa digunakan.

Masjid Suciati Saliman Yogyakarta
Masjid Suciati Saliman Yogyakarta

Masjid Suciati terdiri dari empat lantai. Berbeda dengan masjid yang lainnya, masjid ini memiliki pintu-pintu yang tinggi dengan ornament warna kuning keemasan. Tidak hanya itu, bagian dalam masjid sengaja di desain garis-garis hitam putih seperti di Masjid Nabawi. Dengan kapasitas kurang lebih 1500 jamaah, masjid ini juga dilengkapi dengan lift demi mengakomodasi jamaah yang kesulitan untuk menggunakan tangga.

Masjid Suciati Saliman di Yogyakarta
Masjid Suciati Saliman di Yogyakarta

Saat ini, Masjid Suciati Saliman masih dalam tahap finishing, beberapa polesan masih harus disempurnakan agar masjid lebih siap digunakan. Sampai artikel ini ditulis, lantai satu masih ditutup untuk jamaah, karena beberapa perbaikan masih harus dilakukan. Sementara waktu, untuk jamaah putra dipersilakan untuk menggunakan ruangan masjid di lantai dua. Sedangkan khusus jamaah putri, diperkenankan untuk menggunakan ruangan lantai 3. Lantai 4 sendiri masih ditutup untuk umum. Bagi warganet yang rindu akan nuansa beribadah  Masjid Nabawi, sempatkanlah berkunjung ke Masjid ini. Semoga rindu akan Masjid Nabawi bisa sedikit terobati. (Sije)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply