Ayana di Candi Gedong Songo, Tempat Wisata Kekinian di Bandungan Semarang

Wahana gelembung di Ayana Candi Gedong Songo
Wahana gelembung di Ayana Candi Gedong Songo

Komplek Candi Gedong Songo di kecamatan Bandungan, Semarang, tidak hanya menyimpan indahnya wisata alam dan wisata sejarah, tetapi juga memiliki area wisata kekinian, Ayana namanya.

Ayana belum lama dibuka untuk umum, tepatnya baru H-3 Lebaran tahun 2018 ini, berarti baru sekitar 1 bulan yang lalu, namun pengunjungnya sudah luar biasa banyak.

Di Ayana, setidaknya ada 35 titik spot untuk berfoto, diantaranya adalah balon udara, taman rumput, gelembung atau bubble, sofa tengah kolam, kursi santai, bersandar di bantal-bantal, dan sebagainya. Cocok bagi penyuka wisata kekinian yang serba instagramable.



Masuk ke Ayana, kita harus melalui loket komplek Candi Gedong Songo terlebih dahulu, dengan membayar tiket sebesar Rp. 10 ribu rupiah. Setelah itu kita menuju wahana Ayana.  Sekali lagi kita harus membayar tiket masuk, kali ini khusus untuk  wahana di Ayana, yakni sebesar Rp. 20 ribu per orang.  Begitu membayar tiket masuk Ayana, hampir seluruh wahana berfoto di Ayana  sudah tidak membayar lagi, kecuali dua wahana, yakni bubble atau gelembung dan balon udara karena kita masih dikenakan lagi biaya 5 ribu perorang untuk bisa berfoto di dalamnya.  Selebihnya kita bisa puas-puasin berfoto di sana. Namun pastikan kita tidak berlama-lama pada salah satu spot, karena saat kami ke sana, untuk setiap wahana saja yang antri lumayan banyak, jadi kalau sudah jekrak jekrik berfoto dengan kamera atau HP kita, segeralah bergeser ke wahana yang lain.

Aneka Wahana Selfie di Candi Gedong Songo
Aneka Wahana Selfie di Candi Gedong Songo

Bagaimana rute menuju ke Ayana ? Jika kamu dari arah Jogja atau Solo, kamu tinggal mencari rute jalur Jogja-Semarang hingga sampai di Ambarawa. Dari Abarawa, kamu belok ke arah kiri, terus ikuti jalan hingga sampai di pasar Bandungan. Dari pasar Bandungan, belok ke arah kiri, hingga ketemu pertigaan,  ambil kanan, nah itu sudah jalan mengarah ke kompelk Candi Gedong Songo, ikuti saja jalan itu hingga sampai di komplek Candi Gedong Songo. Dari kota Jogja, menuju Ayana setidaknya kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 jam jika menggunakan kendaraan jenis mobil, motor, atau bus.

Balon Udara di Ayana Candi Gedong Songo
Balon Udara di Ayana Candi Gedong Songo

Bagaimana dengan rute ke Ayana dari arah Semarang ? Tinggal ikuti rute jalan tol Semarang-Bawen. Begitu keluar pintu tol Bawen, ambil kanan,  lurus kurang lebih 1 kilometer, kemudian ambil kiri menuju ke arah Ambarawa.  Sampai di Ambarawa, cari belokan ke kanan menuju Bandungan. Ikuti rute itu hingga ketemu pasar Bandungan,lalu ambil kiri hingga ketemu pertigaan, pilih yang arah kanan menuju jalur Candi Gedong Songo. Ikuti terus hingga ketemu komplek Candi gedong Songo, nah jika sudah sampai di Candi Gedong Songo, berarti kamu juga sudah sampai di Ayana.  Dari kota Semarang menuju Ayana, kamu akan membutuhkan waktu lebih singkat dibandingkan dari arah Jogja atau Solo, yaah mungkin sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Sofa-nyaman-di-kolam-Ayana-Gedong-Songo (sumber gambar : https://travelingyuk.com)
Sofa-nyaman-di-kolam-Ayana-Gedong-Songo (sumber gambar : https://travelingyuk.com)

Oh ya, kalau sudah puas foto-foto di Ayana, jangan lupa sekalian keliling Candi Gedong Songo dan juga objek-objek lain di kecamatan Bandungan. Dijamin liburan kita akan sangat seru, fikiran pun menjadi fresh. Nah, tunggu apalagi ? Yuk ke Ayana  🙂 ( Danang)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply