Sekali Lagi, UGM Terjunkan Mahasiswa KKN ke Asmat Papua

UGM_kirim_mahasiswa_KKN_ke_Asmat_Papua
UGM_kirim_mahasiswa_KKN_ke_Asmat_Papua

Isu gizi buruk serta wabah campak  yang dialami masyarakat Suku Asmat Papua dan sempat menjadi viral di Indonesia kembali menjadi perhatian pihak kampus tertua di Indonesia, UGM. Bukan sekedar menyampaikan kritik kepada pemerintah, namun pihak UGM memberikan langkah nyata dengan mengirimkan perwakilannya ke Papua untuk melihat langsung kondisi disana. Hal tersebut ternyata bukan pertama dan terakhir. Apabila dulu yang dikirimkan adalah tim ahli, belum lama ini sebanyak 21 mahasiwa UGM diterjunkan langsung untuk membantu mengatasi masalah di Papua.

Kelompok yang tergabung dalam program KKN PPM Peduli bencana ini nantinya akan menjalankan beberapa program yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Asmat, khususnya bidang pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Rencananya, KKN ini sendiri  akan dilangsungkan selama 42 hari, mulai dari tanggal 30 Juni sampai 10 Agustus 2018 mendatang. Sebagai awalan, para mahasiswa ini, diterjunkan di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua.



Rombongan mahasiswa UGM ini saat ini sudah sampai di lokasi sejak tanggal 29 Juni 2018 lalu. Mereka bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UGM, Fadil Kasim, S.T., M.Sc disambut langsung oleh Elis Kambu selaku Bupati Asmat di Rumah DInas Bupati setempat. Dilansir dari ugm.ac.id, Bupati Asmat Elis Kambu memberikan apresisasi positif kepada pihak UGM yang telah bertindak nyata dengan menerjunkan KKN mahasiswa ke Kabupaten Asmat. Harapannya, dengan kedatangan tim KKN ini dapat membantu permasalahan gizi buruk serta dapat mengambangkan masyarakat Suku Asmat menjadi lebih maju dan mandiri.

Sedangkan dari pihak UGM yang dalam hal ini diwakili oleh Fadil Kasim mengungkapkan, penerjunan mahasiswa KKN ini nantinya akan menjadi program berkelanjutan dalam sekian tahun kedepan. Seperti yang sudah diketahui, program kerja sama antara UGM dengan Pemerintah Kabupaten Asmat ini bermula dari adanya bencana kelaparan dan wabah campak yang menyerang Asmat beberapa bulan yang lalu. Dari pihak UGM pun juga langsung tanggap dengan menerjunkan tim ahli, serta mengirimkan mahasiswa KKN PPM UGM pada bulan Maret 2018 yang lalu.  (Sije)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply