Goa Rancang Kencono di Gunungkidul, Goa Unik Yang Instagramable

Berfoto dengan background Pohon Besar di Goa Rancang Kencono
Berfoto dengan background Pohon Besar di Goa Rancang Kencono

Gunungkidul, kabupaten di sisi timur kota Jogja ini terkenal dengan perbukitan karstnya. Perbukitan Karst ini telah membantuk banyak objek wisata menarik di sana, wisata Goa adalah salah satunya.

Sebut saja wisata goa popular di sana seperti Goa Pindul, Goa Jomblang, Gua Kalisuci, dan sebagainya. Goa-goa itu telah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah kabupaten Gunungkidul selama beberapa tahun belakangan ini.

Kali ini redaksi ngangsukawruh akan membahas sebuah goa yang tak kalah menarik yang ada di Gunungkidul, yakni Goa Rancang Kencono. Goa Rancang Kencono terletak di desa Bleberan, kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah istimewa Yogyakarta (DIY). Goa ini berada satu komplek wisata dengan air terjun Sri Gethuk. Jadi berkunjung ke sana seperti sekali mendayung, dua pulau terlampaui.

View Goa Rancang Kencono diambil dari dalam Goa
View Goa Rancang Kencono diambil dari dalam Goa



Menuju ke objek wisata Goa Rancang Kencono  relative mudah . Dari arah Jogja, kita tinggal menuju ke jalan raya Utama Jogja-Wonosari, terus ikuti rute hingga kita akan ketemu di pertigaan lapangan gading. Di pertigaan ini, kita bisa belok ke arah kanan menuju ke kecamatan Playen. Selebihnya akan banyak papan –panan petunjuk arah yang akan membantu kita untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk.  Kalau mau lebih mudah lagi, pakai google map sebagaimana redaksi ngangsukawruh lakukan saat pertama kali berkunjung ke sana.

Mulut Gua Rancang Kencono cenderung lebar, namun kedalaman gua sendiri tergolong pendek. Di dalam gua ini, terdapat satu luweng/lubang kecil gua yang jika kita masuki akan mengantarkan kita ke dalam ruang gua yang lain berukuran kecil. Di dalam ruang gua kecil inilah kabarnya dulu menjadi tempat persembunyian laskar Mataram dari kejaran musuh-musuhnya, serta kabarnya pernah pula dijadikan tempat bertapa.  Sesuai penjelasan dari pemandu wisata di gua ini, diinformasikan bahwa Gua Rancang Kencono pernah beberapa kali menjadi tempat lokasi syuting film laga seperti Saur Sepuh dan Tutur Tinular.

Berfoto dengan Background Mulut Goa Rancang Kencono
Berfoto dengan Background Mulut Goa Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh gua-gua pada umumnya, karena di pintu masuk gua terdapat sebuah pohon besar yang tumbuh tinggi menjulang. Kita bisa berfoto-foto dengan background pohon besar tersebut atau berfoto-foto dengan background mulut gua, hasil fotonya pasti akan sangat keren dan instagramable.

Tulisan di bilik Goa Rancang Kencono
Tulisan di bilik Goa Rancang Kencono

Setelah puas mengunjungi Goa Rancang Kencono, kita bisa arahkan kendaraan kita menuju air terjun Sri Gethuk, nggak jauh kok, Cuma sekitar 1 s/d 2 kilometer dari goa Rancang Kencono. (Danang)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply