Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Oase di Tengah Panasnya Udara

Menaiki Gethek Menuju Air Terjun Sri Gethul
Menaiki Gethek Menuju Air Terjun Sri Gethul

Musim Liburan anak sekolah belum berakhir. Masih banyak hari yang bisa dimanfaatkan untuk refreshing bersama keluarga. Dan kabupaten Gunungkidul, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga.

Di kabupaten di sisi timur kota Jogja ini, terdapat buanyak tempat wisata menarik berbau alam. Sebut saja aneka pantainya yang aduhai, wisata guanya yang memukau, dan masih ada lagi wisata air terjun.

Bicara air terjun, di Gunungkidul terdapat sebuah air terjun yang memukau, bernama air terjun Sri Gethuk. Datanglah ke air terjun Sri Gethuk pada bulan-bulan kemarau seperti ini, maka akan kita dapati pesona air terjun yang menakjubkan, yang aliran airnya akan bersatu ke sebuah sungai dan tampak biru kehijauan warnanya, mau dilihat dari jarak dekat maupun jarak jauh.

Aliran Air di Air Terjun Sri Gethuk
Aliran Air di Air Terjun Sri Gethuk

Menuju ke Air Terjun Sri Gethuk bukan pekerjaan susah. Dari arah Jogja, kita tinggal menuju ke jalan raya Utama Jogja-Wonosari. Ikuti jalur itu, termasuk ketika menaiki bukit Pathuk, masih lanjutkan perjalanan hingga kita akan ketemu di pertigaan lapangan gading. Di pertigaan ini, kita bisa belok ke arah kanan menuju ke kecamatan Playen. Selebihnya akan banyak papan –panan petunjuk arah yang akan membantu kita untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk.  Kalau mau lebih mudah lagi, pakai google map sebagaimana redaksi ngangsukawruh lakukan saat pertama kali berkunjung ke sana.



Air terjun Sri Gethuk berada di desa Bleberan, kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengunjungi objek wisata Sri Gethuk, kita tidak hanya disuguhi wisata air terjun, namun di dekat pintu masuk objek wisata ini, kita terlebih dahulu bisa mengunjungi sebuah gua menarik, Gua ini diberi nama gua Rancang Kencono.

Gua Rancang Kencono
Gua Rancang Kencono

 

Puas mengunjungi Gua Rancang Kencono, kita bisa mengarahkan kendaraan kita untuk turun ke bawah, mengikuti jalur menuju rute Air Terjun Sri Gethuk yang masih 1 s/d 2 kilometer lagi dari lokasi Gua Rancang Kencono.

Rute kendaraan menuju air terjun Sri Gethuk dari Gua Rancang kencono  hanya muat untuk 1 jenis mobil, namun jangan khawatir akan berselisipan dengan kendaraan dari arah berlawanan, karena oleh pihak pengelolanya sudah dibuat jalur kendaraan masuk dengan jalur kendaraan keluar dibuat berbeda.

Sesampainya di lokasi parkir Air Terjun Sri Gethuk, kita masih harus berjalan kaki menuju ke arah sungai. Jalur menuju sungai, akan kita jumpai banyak sekali pedagang yang menjual aneka menu jajanan tradisional yang akan menggugah selera kita, diantaranya adalah pecel, dawet, bakwan, pisang goreng, degan yang dibakar tempurungnya di atas api, dan aneka makanan lainnya.

Untuk menuju air terjun, kita harus menaiki gethek terlebih dahulu.Gethek adalah semacam perahu namun seluruhnya terbuat dari bambu, hanya saja gethek di sini sudah dimodifikasi dengan penambahan mesin dan drum-drum plastik untuk membuat gethek semakin mengapung dan bisa melaju cepat tanpa perlu dikayuh.

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Menyusuri sungai menuju air terjun Sri Gethuk kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Air sungai di sini terlihat bersih, berwarna hijau kebiruan, dengan tebing tebing batu menjulang di di kanan kiri sungai. Bagi teman –teman ngangsukawruh yang sudah membaca liputan kami tentang Taman Sungai Tuk Mudal Kulonprogo, maka warna air sungai di Sri Gethuk ini sama persis dengan warna air di Taman Sungai Tuk Mudal Kulon progo.

Tidak beberapa lama kemudian, kita akan sampai di Air Terjun Sri Gethuk. Terik matahari yang mengenai wajah kita sepanjang perjalanan menggunakan gethek, seakan terbalas dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan sekaligus saat sampai di air terjun ini.

Air terjun Sri Gethuk memiliki banyak aliran air dengan curah mulai dari yang kecil hingga besar, serta terdiri dari dua hingga empat tingkatan ketinggian. Pada tingkatan  bawah adalah sungai itu sendiri, dimana di sini kita bisa menyewa baju apung atau ban-ban yang bisa kita manfaatkan untuk berenang di sana. Bagi yang jago renang juga bisa melakukan atraksi loncat dari tebing dan jatuh masuk ke dalam sungai. Pada tingkatan ketinggian di atasnya, kita bisa bersandar di batu-batu sambal menikmati curahan air terjun yang menghujani kita dari atas, atau sekedar bermain-main ciprat-cipratan air dengan teman atau keluarga kita. Dijamin kita akan betah berlama-lama di sana.

Wisatawan menaiki Gethek menuju Air Terjun Sri Gethuk
Wisatawan menaiki Gethek menuju Air Terjun Sri Gethuk

Setelah puas bermain air, kita bisa kembali dengan menaiki gethek kembali, mencari kamar mandi-kamar mandi untuk berganti baju, kemudian mengisi perut dengan aneka jajanan tradisional lezat yang ada di sana.

Nah, gimana ? tertarik ke Air Terjun Sri Gethuk ? Mumpung liburan, saatnya ke sana yuk, jangan lupa sekalian mampir ke objek –objek wisata menarik lainnya di Gunungkidul seperti Goa Pindul, Pantai Indrayanti, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, pantai Baron, dan sebagainya, dijamin pulang liburan kita menjadi lebih fresh. (Danang)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply