Meski Hujan Abu Merapi , Langkah Peserta Aksi Bela Al-Quds di Yogyakarta Tidak Surut

Ada Helvy Tiana Rossa di Aksi Bela Al Quds di Jogja
Ada Helvy Tiana Rossa di Aksi Bela Al Quds di Jogja

Wahai Palestina

Tak akan pernah ada yang mampu menghapus namamu

Dari pikiran dan sanubari kami

Tak seorang pun bisa menghalangi kami membelamu

Apalagi cuma lalat raksasa bernama Donald Trump dan Netanyahu

-Helvy Tiana Rosa-

 

Begitulah penggalan puisi yang dibacakan oleh Helvy Tiana Rosa  pada aksi bela Al-Quds hari jum’at lalu. Jumat 11 Mei 2018, umat muslim Yogyakarta dari lintas komunitas kembali turun ke Jalan menyuarakan pembebasan Al-Quds. Aksi ini dilakukan untuk menyikapi dukungan Amerika atas penguasaan sepihak Baitul Maqdis ke tangan Israel.  Aksi dimulai dari jamaah salat jumat di Masjid Syuhada, Kota Baru kemudian dilanjutkan dengan long march ke titik 0 KM.  Beberapa bendera ormas terlihat ikut berkibar diantara bendera Indonesia dan Palestina, diantaranya milik Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Forum Silturahmi Lembaga Dakwah  Kampus (FSLDK), Jma’ah Shalahudin (JS) UGM, Komite Nasional Pembebasan Palestina (KNRP), dan lain sebagainya.



Sesampainya di lokasi, masa aksi yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa ini langsung menempatkan diri sesuai dengan arahan dari Polres DIY. Aksi kemudian diawali dengan orasi dari perwakilan ormas yang terlibat. Selain itu, tanpa diduga sebelumnya, Helvy Tiana Rosa, penulis puisi berjudul Mahanazi naik ke atas mimbar yang langsung disambut riuh tepuk tangan dari masa peserta aksi. Mahanazi sendiri merupakan puisi yang menceritakan tentang penjajahan di Palestina.  Usai mendengarkan deklamasi puisi Mahanazi dari salah satu peserta aksi, tidak mau kalah, Helvy –begitu Ia biasa disebut, juga membacakan puisi bertemakan Palestina.

Aksi_bela_palestina di Jogja
Aksi_bela_palestina di Jogja

Kedatangan Helvy ke panggung orasi aksi pembebasan Al-Quds tidak sendirian. Ia bersama salah satu artis ibukota yang belum lama ini mulai gencar menyuarakan keadilan, Fauzi Baadilla. Bersama keduanya hadir pula Erick Yusuf, salah satu dai yang sering muncul di stasiun televisi. Kedatangan ketiganya ke Yogyakarta selain menghadiri aksi bela Al-Quds, juga dalam rangka tour film 212 The Power of Love yang mulai tanggal 9 Mei 2018 ini diputar di bioskop tanah air.

Aksi Bela Palestina
Aksi Bela Palestina

Meski dari pagi hingga siang hari Yogyakarta turun hujan abu dari Gunung Merapi akibat letusan freatik, namun ini tidak menghalangi niat para peserta aksi untuk turun ke jalan. Selain orasi, beberapa aksi teatrikal juga ditampilkan oleh para mahasiswa perwakilan dari organisasi ekstra kampus. Bahkan salah satu aksi teatrikalnya menggunakan kostum anoman, seorang tokoh wayang yang menggambarkan kera putih. (Sije)

 

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply