Taman Sungai Tuk Mudal Kulon Progo : Sensasi Berenang di Kolam Alami

Kolam Pertama di Tuk Mudal Kulonprogo
Kolam Pertama Warna Kebiruan di Tuk Mudal Kulonprogo

Jogja dan sekitarnya seolah tak pernah berhenti menyimpan potensi wisata. Setelah kabupaten Gunungkidul dengan wisata-wisata pantai dan gua nya yang terkenal, disusul kabupaten Bantul dengan tempat-tempat wisatanya yang instagramable, kini kabupaten Kulon Progo juga memunculkan kejutan demi kejutannya, salah satunya yang menjadi pembicaraan saat ini adalah ternyata Kulon Progo memiliki beberapa air terjun yang menawan, sebut saja air terjun Kembang Soka, air terjun Kedung Pedut, dan air terjun Tuk Mudal.

Kali ini, redaksi ngangsukawruh menyempatkan diri untuk berkunjung ke air terjun Tuk Mudal. Kawasan wisata air terjun Tuk Mudal juga biasa disebut Taman Sungai Mudal. Tuk dalam Bahasa jawa berarti mata air. Mudal sendiri adalah nama sebuah sungai di kabupaten Kulon Progo. Taman Sungai Tuk Mudal sendiri berada di dusun Banyunganti, desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY, yang secara geografis berada di deretan perbukitan Menoreh.



Berkunjung pertama kali ke Taman Sungai Tuk Mudal, kita akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa mempesona, terutama aliran air sungai luar biasa jernih, yang mengalir dari atas bukit ke bawah,  diantara batu-batu cadas dan membentuk air terjun air terjun kecil. Setidaknya ada minimal lima air terjun kecil yang ada di Taman Sungai Tuk Mudal. View paling indah dari semua itu adalah adanya beberapa kolam alami yang menampung tumpahan air dari aliran air terjun ini. Kolam –kolam alami ini berwarna kebiruan, namun tidak terbantahkan bahwa air ini adalah air alami, tidak ada campur tangan bahan kimia atau sejenisnya. Ada tiga kolam alami atau kedung dalam istilah masyarakat Jawa yang ada di kompleks Taman Sungai ini. Untuk menuju ke setiap kolam, kita harus mendaki jalan yang sudah tersedia rutenya.

atu dari beberapa air terjun di Taman Sungai Tuk Mudal Kulon Progo
atu dari beberapa air terjun di Taman Sungai Tuk Mudal Kulon Progo

Di Kolam yang pertama, adalah kolam yang terdalam, dengan kedalaman di atas 2 meter, kolam ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Tersedia fasilitas seperti persewaan ban dan baju pelampung bagi pengunjung yang hendak berenang ke dalam kolam ini. View kolam pertama ini adalah yang paling indah dibanding dua kolam lainnya. Terutama pemandangan air kolamnya yang berwarna kebiruan, sangat segar untuk mandi dan berenang.



Dari kolam pertama, kita bisa melanjutkan pendakian menuju ke kolam kedua. Untuk menuju kolam kedua, kita harus melewati tanjakan demi tanjakan, cukup melelahkan, namun terbayar lunas dengan banyaknya spot menarik sepanjang jalan menuju kolam kedua, terutama karena banyaknya air terjun kecil yang kita bisa berswafoto dengan background air terjun air terjun ini. Di kolam kedua, kedalaman lebih dangkal daripada kolam pertama, namun tetep tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena masih lumayan dalam. Di sini, juga tersedia fasilitas persewaan ban dan baju pelampung.

Dari kolam kedua, kita bisa melanjutkan pendakian menuju kolam ketiga. Jarak dari kolam kedua tidaklah jauh, terdapat pula tempat duduk tempat duduk yang bisa kita manfaatkan untuk beristirahat.

Pintu Depan Objek Wisata Taman Sungai Tuk Mudal Kulon Progo
Pintu Depan Objek Wisata Taman Sungai Tuk Mudal Kulon Progo

Kolam ketiga memiliki kedalaman paling dangkal dibanding kedua kolam sebelumnya. Anak –anak bisa bermain di sana. Di kolam ketiga ini pula, kita bisa sambal menikmati “cubitan-cubitan” dari ikan-ikan terapi yang ternyata dipelihara di sana.Ikan –ikan ini seakan kelaparan setiap kali ada kulit kaki atau tangan manusia yang masuk ke dalam kolam, mereka akan langsung mengejar kita menggigit-gigit lapisan pori-pori kulit kita.

Secara umum, fasilitas yang ada di Taman Sungai Tuk Mudal sudah lumayan. Di beberapa titik terdapat kamar mandi umum, terdapat pula musholla, serta beberapa warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman buat pengunjung.

Tarif masuk ke Tuk Mudal bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan dengan semua pemandangan menakjubkan yang ada di sana, cukup membayar 5000 rupiah perorang, murah bingits kan ?

Jalur menuju ke Taman Sungai Tuk Mudal juga relative mudah. Dari arah Jogja, kita tinggal mencari jalan Godean. Ikuti terus jalan Godean ke arah barat, terus lurus, , tidak belak belok, ikuti saja, hingga kita akan melewati jalanan naik turun pertanda kita sudah memasuki kawasan perbukitan Menoreh. Begitu kita melewati kawasan wisata Gua Kiskenda, Taman Sungai Tuk Mudal tidak jauh dari sana. Taman Sungai Tuk Mudal tidak jauh dari pinggir jalan beraspal. Dari kota Jogja, taman Sungai Tuk Mudal bisa kita tempuh dalam waktu sekitar 50 hingga 60 menit.

Salah satu Spot Keren di Tuk Mudal Kulon Progo
Salah satu Spot Keren di Tuk Mudal Kulon Progo

Informasi tambahan, Taman Sungai Tuk Mudal sudah mulai buka di pagi hari sejak pukul 08.00 WIB. So jika kamu dari arah Jogja, berangkat jam 07.00 pagi sangat direkomendasikan,supaya kamu punya lebih banyak waktu menikmati setiap spot menarik yang ada di kawasan wisata Taman Sungai sekaligus air terjun Tuk Mudal ini, sekaligus kalau masih punya banyak waktu, bisa juga mampir ke air Terjun Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut yang lokasinya tidak jauh dari air terjun Tuk Mudal. Jadi….selamat berkunjung ke sana yaa…  (Danang)

 

 

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply