Bukit Klangon Merapi, Ketika Merapi Sedekat Ujung Jari

Bukit Klangon Merapi
Bukit Klangon Merapi

Bicara tentang pesona pariwisata Yogyakarta, memang tidak ada habisnya. Bisa dibilang provinsi yang memiliki julukan Istimewa ini adalah paket lengkap. Cari pantai ada, mulai dari yang pasir putih, pasih hitam, hingga yang berbatu. Mau kulineran unik, bisa. Ada kopi klotok, sate klathak, hingga gudeg yang 24 jam buka. Tertarik dengan wisata budaya? Banyak tempat yang bisa dijadikan referensi, mulai dari Candi, hingga rumah-rumah cagar budaya yang tersebar di sudut-sudut kota. Ingin menghirup udara segar khas pegunungan? Tingga meluncur ke kawasan Gunung Merapi. Konon, gunung yang terakhir meletus pada tahun 2010 ini, memiliki eksotisme yang luar biasa. Wajarlah kalau banyak menarik wisatawan.

Salah stau spot yang bisa digunakan untuk melihat merapi dari cukup dekat adalah Bukit Klangon. Berlokasi di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Bukit Klangon ini berada di Kawasan Rawan Bencana III. Bagi pecinta alam tapi sudah lelah kalau harus hiking naik gunung, tempat ini cocok untuk dikunjungi. Selain hawanya yang segar, dari bukit ini, Merapi terlihat sangat dekat, lebih-lebih kalau cuaca sedang cerah. Bukan hanya menyajikan pemandangan Gunung Merapi saja, disini para pecinta olahraga sepeda gunung juga dimanjakan dengan adanya sirkuit downhill. Konon, sirkuit disini termasuk terbaik di Yogyakarta. Lebih menarik lagi, di tempat ini sudah beberapa kali event kejuaraan sepeda baik itu tingkat regional maupun nasional diselenggarakan.

Selain bersepeda, beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ditempat ini adalah fotografi, camping dan outbond. Harga tiketnya yang murah meriah yakni 2000 per orang kalau weekdays, dan 3000 rupiah per orang kalau weekend, membuat spot ini banyak dikunjungi wisatawan. Lebih-lebih, lokasinya tidak jauh dari beberapa tempat wisata lain seperti The Lost World Castle, kawasan wisata kaliurang, dan lain sebagainya.  Ingin mencoba sensasi menaiki sepeda di sirkuit downhill? Bisa. Langsung saja menyewa sepeda ke pengelola. Murah, hanya 15.000 saja.

Bersepeda di Bukit Klangon (hobiholiday.com)
Bersepeda di Bukit Klangon (hobiholiday.com)

Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit menuju tempat ini. Rute yang bisa ditempuh, dari Jalan Kaliurang, lurus saja sampai ke pertigaan arah Kaliadem atau Cangkringan, lalu ambil kanan. Ketemu pertigaan lagi ke arah Merapi Golf atau The Lost Castle, ambil kanan dan lurus  terus ke timur. Ada pertigaan lagi, ambil kiri. Dari tempat ini, nanti sudah ada papan petunjunk menuju ke Bukit Klangon.

Bagi warganet yang punya hobi fotografi, pastikan baterai kamera atau handphone terisi penuh. Sebab disini, ada begitu banyak spot selfie yang bisa digunakan. Selain itu berswafoto, merapi yang nampak gagah tentu saja saying sekali untuk dilewatkan begitu saja bukan? (SJ)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply