Fakultas Kedokteran UGM Resmi Berganti Nama

fakultas_kedokteran_UGM_resmi_berganti_nama
fakultas_kedokteran_UGM_resmi_berganti_nama

Fakultas Kedokteran UGM (FK UGM) resmi berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK). Pergantian nama ini sudah melalui berbagai rapat hingga akhirnya disepakati bersama pada sidang pleno bulan Oktober 2017 lalu di fakultas yang saat itu masih bernama FK UGM. Keputusan penggantian nama ini kemudian diperkuat dnegan adanya persetujuan hukum dari Peraturan Majelis Wali Amanat (MMWA) UGM No.3 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan MWA No.4/SK/MWA/2014 tentang organisasi Tata Kelola UGM pada November 2017.

Dilansir dari media resmi UGM (ugm.ac.id), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed.Ph.D., SpOG(K) selaku dekan FKKMK UGM menyatakan bahwa penggantian nama tersebut dilatarbelakangi beberapa hal. Salah satunya yaitu semakin majunya perkembangan ilmu pengetahuan. Sebab itu, dirasa perlu untuk melakukan perubahan nama sebagai cerminan multi disiplin dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat oleh FKKMK. Lebih jauh, dalam konfrensi pers yang berlangsung pada senin (5/3/2018) kemarin, Ia menekankan, pergantian nama ini dimaksudkan juga untuk mewadahi semua civitas yang ada di dalam FKKMK.



Prof. dr. Mohammad Juffrie.Ph.D., Sp.A(K) selaku ketua senat FKKMK, menyebutkan bahwa penggantian nama ini menjadi sebuah momentum yang penting dalam membuat rencana stategis FKKMK kedepan, mengingat perkembangan ilmu pengetahuan di FK UGM yang selama ini berlangsung sangat dinamis. Ia menambahkan, bahwa dulunya di FK UGM hanya terdapat ilmu kedokteran, kemudian masuk Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu gizi dan keperawatan. Sehingga penggantian nama ini salah satunya juga dimaksudkan untuk mengakomodir seluruh kegiatan akademik yang berlangsung di dalamnya.

Pada kesempatan ini, Juffrie juga menunjukkan perjalanan perubahan nama ini. Tidak mudah untuk mengubah nama yang sudah terlanjur melekat yakni FK UGM. Perlu waktu yang sangat panjang kurang lebih 10 tahun. Sampai akhirnya mencapai titik kesepakatan penggantian nama dari FK menjadi FKKMK UGM pada bulan Oktober 2017 silam.

Dilihat dari sejarahnya, fakultas yang letaknya tepat di depan rumah sakit Sardjito ini merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia. Berdiri kurang dari setahun usai proklamasi kemerdekaan yakni pada 5 Maret 1946. Pendiriannya juga melalui proses yang sangat panjang dan tidak bisa dilepaskan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Seiring waktu berjalan, saat ini, FKKMK UGM telah memiliki 32 departemen, serta telah meluluskan ribuan alumni yang kini mengabdi dan berkarya di penjuru negeri. (Sije)



RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply