Es Doger “Bang Firman” Balai Yasa, Si Manis Penghilang Lapar dan Dahaga

Es Doger Balai Yasa Yogyakarta
Es Doger Balai Yasa Yogyakarta

Bicara tentang kuliner, Jogja memang juaranya. Enggak ada habisnya. Mau cari yang murah meriah ada. Mau yang harga menengah ke atas banyak. Dari kuliner kaki lima rasa bintang lima hingga yang ala-ala bintang lima beneran juga ada. Lengkap. Jenisnya juga beragam, mulai dari makanan berat hingga yang ringan tapi mengenyangkan macam es teller atau es doger.

Nah, ngomongin es doger, di Jogja ada satu tempat yang recommended banget es dogernya. Namanya Es Doger Balai Yasa. Nama aslinya bukan ini sebenarnya. Tapi karena letak si penjual menggelar dagangannya di depan Kantor Balai Yasa Jogja, makanya disebutlah dengan sebutan itu. Ada beberapa penjual yang membuka lapak disini sebenarnya, tapi kali ini tim ngangsukawruh akan mereview Es Doger yang letaknya pas di depan Kantor Balai Yasa Jogja, namanya Es Doger Bang Firman.



Ada yang pernah nonton film Habibie-Ainun? Ingat enggak adegan saat si Habibie kecil mengejek Ainun dengan sebutan Gula Jawa? Memperhatikan setting tempatnya? Pohon-pohon tua besar berjejer rapi, nah disekitar itulah Es Doger Bang Firman mangkal. Sebuah gerobak penuh berisi bahan untuk membuat es diparkir dibawah pohon rindang. Kanan kirinya penuh dengan kursi dan meja yang diatur sedemikian rupa. Lingkungan yang masih asri, ditambah dengan jarangnya kendaraan yang lewat, membuat suasana semakin menyenangkan.

Es_Doger_Balai_Yasa_Yogyakarta
Es_Doger_Balai_Yasa_Yogyakarta

Satu porsi Es Doger Bang Firman berisi macam-macam, ada roti tawar, alpukat, mutiara, ketan hitam, agar-agar, lalu disiram dengan santan kental dan tidak ketinggalan susu kental manis rasa coklat. Ini kalau lagi diet, pulang-pulang dari sini harus push up 50 kali. Biar enggak gagal misinya. Si penjual biasanya sudah menata bahan-bahan es doger dalam gelas-gelas, jadi begitu pembeli pesan, tidak sampai lima menis, pesanan sudah datang.

Dari segi rasa, buat yang enggak terlalu suka manis, Es Doger Bang Firman ini pas banget. Meski pakai susu, rasa manis dari susu diimbangi dengan rasa gurih santan. Tapi bagi yang sedang diet gula, bisa juga request tanpa susu. Dari segi porsi, isinya yang beragam dan bisa dibilang “agak berat”, pas buat yang lagi males makan tapi juga males kelaparan.

Selain es doger, ada beberapa pilihan lain yang disediakan disini seperti es campur dan es dawet.  Jadi, kalau mau nyobain yang beda dari orang lain, bisa. Mau sambil makan? Bisa aja. Di sekitar lapak Es Doger Bang Firman ini ada beberapa penjual makanan mulai dari bakso, batagor, buah potong, dan lain sebagainya.

Harganya bagaimana? Sebenarnya untuk sekelas minuman, harga yang dipatok disini memang agak mahal. Satu porsi segelas besar es doger disini dibanderol 10.000 rupiah. Tapi untuk memenuhi rasa penasaran, harga segini masih cukup terjangkaulah. Anggap aja sebagai pengganti makan siang. Soalnya, habis minum satu gelas Es Doger Bang Firman, dijamin pasti kenyang. Oke, mumpung Jogja sedang panas banget kalau siang, nanti jangan lupa mampir ke sini ya. Oiya, Es Doger Bang Firman buka dari jam 08.00 pagi ya. (Sije)



RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply