Berkunjung ke Belitong : Negeri Laskar Pelangi 2 (Habis)

Salah satu view di Pulau Lengkuas
Salah satu view di Pulau Lengkuas

Pada edisi beberapa waktu yang lalu, kita sudah membahas beberapa hal tentang Pulau Belitong : tentang film Laskar pelangi, asal Kata Belitong, mengenal Kota Tanjung Pandan, dan Belitong sebagai penghasil lada dan timah.  Kali ini, kita akan mencoba membahas beberapa objek wisata  menakjubkan yang ada di Pulau Belitong yang tidak boleh kita lewati.

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa menakjubkan, dengan batu –batu ukuran raksasa yang berada di sekeliling pantai. Batu –batu ini bukan batu cadas yang tajam dan curam sebagaimana di banyak pantai di pulau Jawa misalnya, melainkan batu –batu berbentuk bulat yang kita bisa berdiri  dan berselfie ria di atasnya. Dengan ombak yang relatif tenang, ditambah batu –batu ini yang seakan menjadi pelindung, ditambah angin yang semilir, kita bisa berenang dengan nyaman di sana, tanpa takut kepanasan.  Berjalan di sela-sela bebatuan raksasa ini kita seperti sedang main petak umpet, seru pokoknya.

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

 



Satu hal yang tidak boleh dilupakan tentang pantai ini adalah di pantai Tanjung Tinggi inilah  lokasi film laskar Pelangi dilakukan. Jika kita berkunjung ke pantai ini, kita bisa sekalian berfoto di Prasasti film Laskar Pelangi yang ada di pantai ini.

 

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
  1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang tak kalah menawan dibanding pantai Tanjung Tinggi. Bedanya jika di Tanjung Tinggi kita akan dibuat terpukau dengan batu –batu raksasanya, maka di pantai Tanjung Kelayang kita akan dibuat terpukau dengan pasir pantainya yang putih bersih dengan garis pantai memanjang. Di sana anak-anak bisa bermain di pantai dengan nyaman karena ombaknya yang tidak kencang. Kita juga bisa tiduran di pantai atau sekedar berselfie ria di sana. Di pantai Tanjung Kelayang ini juga terdapat banyak perahu –perahu yang bisa disewa, mulai dari harga 400 ribuan dengan kapasitas 10 orang hingga perahu besar yang bisa dinaiki lebih banyak penumpang.

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

Dari pantai Tanjung Kelayang, kita juga bisa menyeberang ke pulau Lengkuas, sebuah pulau eksotis yang terkenal dengan keindahan pantai dan Menara Mercusuarnya.  Yang tak kalah menarik di Pantai Tanjung Kelayang adalah dari pantai ini, kita bisa menyaksikan sebuah pulau kecil tak berpenghuni dengan batu raksasa berbentuk kepala burung Kelayang. Dengan menggunakan perahu kita bisa mendekati perahu tersebut. Lapar ? jangan khawatir, karena di sini juga banyak terdapat penjual makanan terutama seafood yang uenak –uenak.

Pulau Kecil Mirip Kepala Burung Kelayang
Pulau Kecil Mirip Kepala Burung Kelayang
  1. Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas adalah sebuah pulau kecil yang tidak jauh dari pulau Belitung. Untuk menuju ke pulau ini, kita bisa menaiki perahu atau speed boat.Sepanjang perjalanan menuju pulau Lengkuas, kita akan disuguhi pemandangan laut yang menakjubkan dengan pulau-pulau kecil di kejauhan dan beberapa Yacht mewah yang sedang berhenti di tengah laut.

Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas tidak berpenghuni,di sana hanya ada beberapa penjual makanan yang menjajakan dagangan dan tidak menetap di sana. Di pulau ini terdapat sebuah menara mercusuar peninggalan jaman Belanda yang sampai saat ini masih dioperasikan. Sayang pada saat redaksi ngangsu kawruh berkunjung ke sana, hari sedang hujan rintik sehingga kami tidak diperkenankan naik ke puncak Menara karena licin.

Pasir Indah di Pulau Lengkuas
Pasir Indah di Pulau Lengkuas

Bagaimana dengan pantai di pulau lengkuas ? Luar biasa kereeen. Pantainya bersih, dengan pasir putih dan lembut,  di sini juga terdapat banyak batu berukuran besar sebagaimana pantai Tanjung Tinggi. Kita bisa menjelajah mengelilingi pulau ini dengan jalan menyusuri pantainya.  Kita juga bisa bertenda di pantai ini, tapi hati –hati jangan sampai kita kebablasan tidur dan ketinggalan perahu balik yang mengarah ke Belitong, kecuali jika kita memang berencana mau berkemah di pantai ini. Hal yang tak kalah menarik yang bisa kita lakukan di pulau Lengkuas adalah menyelam atau surfing, karena pemandangan bawah laut di Pulau lengkuas ini luar biasa menakjubkan, ikan –ikan kecil aneka warna bisa dengan mudah kita saksikan dari atas permukaan laut, apalagi jika kita mau menyeplungkan diri masuk ke dalamnya, wuiiih, kita akan dikelilingi ikan –ikan indah itu. Belum lagi dengan terumbu-terumbu karangnya yang masih alami. Aaaaa, jadi pingin ke sana lagi!

View sepanjang perjalanan menuju Pulau Lengkuas
View sepanjang perjalanan menuju Pulau Lengkuas

 

  1. Pantai Tanjung Pendam

Dibanding pantai –pantai lain di Belitong, pantai Tanjung Pendam mungkin kalah menarik. Pasirnya berwarna hitam, tidak seperti pantai –pantai yang sudah kami sebutkan di atas. Namun kelebihan pantai Tanjung Pendam ini adalah karena yang paling dekat dengan kota di Belitong, ditambah dengan fasilitas yang complete mulai dari aneka café, warung makan, wahana bermain anak, kamar mandi, masjid, dan sebagainya. Walhasil, pantai ini yang paling banyak pengunjungnya terutama di sore hari dan hari libur. Sebagian besar pengunjungnya adalah warga pulau Belitong, yang banyak menghabiskan sorenya dengan kongkow –kongkow di pantai ini. Berbagai hotel juga banyak terdapat tak jauh dari pantai ini, event –event menarik juga banyak digelar di café-café yang bertebaran di pantai ini, seperti nonton bola bareng atau pertunjukan musik.

Pantai Tanjung Pendam di Sore Hari
Pantai Tanjung Pendam di Sore Hari

 

Nah..gimana ? Tertarik untuk ke Belitong ?? Jika kamu dibuat takjub dengan pantai –pantai di Gunungkidul atau Bali, maka dijamin kamu akan dibuat ternganga dengan pantai –pantai yang ada di Belitong, karena ini kereeen bingits !!, so what are you waiting for ? saatnya membuat rencana untuk jalan –jalan ke pulau Belitong, kalau nggak tahun ini, tahun depan deeh, ya ya ya ? (Danang)



Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply