Sarsaparilla, Minuman Khas Yogyakarta yang Mulai Langka

saparella (sumber gambar : https://cornelianggita.wordpress.com)
saparella (sumber gambar : https://cornelianggita.wordpress.com)

Bicara yang khas dari Jogja, bukan hanya tentang kesenian dan kebudayaannya saja. Namun juga kulinernya. Selain gudeg dan aneka camilan khasnya, Jogja juga punya minuman khas yang boleh dibilang kini mulai langka. Minuman satu ini khas dari Jogja, tidak akan di kota lain. Namanya Sarsaparilla.

Limun sarsaparilla atau mudahnya disebut dengan saparella, adalah limun khas Jogja dengan warna ungu kecoklatan. Dulu, akhir tahun 70-an, minuman ini menjadi primadona. Hanya orang tertentu yang bisa menikmati rasa semriwing dari minuman berkarbonasi ini. Namun, seiring bergulirnya waktu, kini saparella mulai tergeser oleh minuman berkarbonasi sejenis.



Dulu di Jogjakarta ada tiga produsen minuman rasa sarsaparilla. Yaitu Hercules, Manna, dan Jangkar. Ketiga produsen ini sempat berjaya. Tapi sekarang ketiganya sudah tutup. Konon, minuman ini merupakan minuman khusus hajatan. Itu pun hanya untuk tengah berbahagia, misalnya pengantin atau anak yang sedang dikhitan. Dewasa ini ada produsen yang melestarikan minuman khas Jogja ini, yakni Indo Saparella.

Bagi anda yang belum pernah merasakannya, minuman tradisional ini semriwing, manis tapi nggak manis-manis banget. Aromanya khas. Baunya mirip obat atau jamu. Kalau lagi masuk angin, paling enak minum minuman ini. Soalnya begitu minum minuman ini kamu bisa langsung sendawa.

Rasa semriwing sarsaparilla juga memberi efek lega di rongga dada dan rongga hidung. Sarsaparilla sendiri adalah nama jenis herbal yang dalam bahasa Latinnya dinamakan Smilax aristolochiaetolia. Jenis perdu berbunga ini mengandung vitamin A, B, C, D, dan B Kompleks. Di samping itu juga mengandung kalsium dan zat besi. Kandungan zat-zat itu dipercaya dapat melancarkan air kencing, obat awet muda, memberi energi, mengurangi jerawat, menyembuhkan pilek, batuk, dan demam. Namun sayangnya, kini pembuatan saparella hanya menggunakan essens atau konsentratnya saja.

Lalu, dimana mendapatkan minuman ini? Nah ini yang agak susah. Sebab sudah tidak banyak dipasarkan. Bagi anda yang ingin mencoba mencicipi minuman ini, anda bisa menghubungi pihak Indosaparella di 08112508683. Untuk harganya, tergantung, apakah mau membawa botolnya atau tidak. Kalau botolnya dikembalikan, harganya lebih murah. Tapi untuk perkiraan, harga satu saparella kira-kira 13.000-an. Murah bukan untuk ukuran minuman legend. (SJ)



RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply