Sholat Idul Adha di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis

Sholat Idul Adha di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis (sumber : tribun jogja
Sholat Idul Adha di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis (sumber : tribun jogja)

Ada pemandangan yang berbeda di Gumuk Pasir Bantul pada Jumat 1 September 2017 kemarin. Pasalnya, Gumuk Pasir yang setiap harinya difungsikan sebagai tempat wisata, hari ini dipadati oleh ribuan Ummat islam. Membawa lengkap peralatan sholat, masyarakat Bantul dan sekitarnya memadati Gumuk Pasir untuk mengikuti sholat Idul Adha dengan suasana yang berbeda.

Idul Adha di gumuk pasir (sumber : tribun jogja)
Pemandangan sholat Idul Adha di gumuk pasir (sumber : tribun jogja)

Sejak pagi hari, ribuan warga berduyun–duyun mendatangi lokasi yang dulu pernah digunakan untuk lokasi syuting salah satu film layar lebar ini. Bertindak sebagai Imam dan Khatib H. Muhammad Wasir Nuri. Bukan hanya masyarakat biasanya yang ingin merasakan sholat Idul Adha disini. Bupati Bantul Suharsono bersama keluarga juga melakukan sholat di Gumuk pasir tersebut.

Fenomena Alam

Perlu diketahui bahwa Gumuk pasir ini merupakan fenomena alam yang tidak setiap pantai ada. Hanya beberapa lokasi saja. Salah satunya yang ada di Parangtritis. Awalnya, sholat di gumuk pasir ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat Bantul yang tinggal di sekitar Gumuk Pasir saja. Namun kini, banyak masyarakat yang ingin merasakan sensasi yang berbeda. Kalau biasanya sholat di masjid atau di lapangan, kini diatas pasir layaknya di padang pasir sana.

Muhammad Khudori, Panitia Sholat Ied di Gumuk Pasir Parangtritis mengatakan, lokasi gumuk pasir ini mampu menampung sekitar 10 ribu jamaah. Saat awal-awal digunakannya gumuk pasir sebagai lokasi salat, hanya sekitar 2000 warga saja yang mengikuti salat disini. Namun, semakin kesini, semakin banyak yang mengikuti. Bahkan sekarang kira-kira sudah 7000 masyarakat yang ikut salat di tempat ini. (SJ)

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply