Festival Candi Sojiwan III : Ditutup Dengan Pagelaran Wayang Orang

Festival Candi Sojiwan III : Ditutup Dengan Pagelaran Wayang Orang
Festival Candi Sojiwan (sumber gambar : rri.co.id)

Festival Candi Sojiwan III yang berlangsung pada tanggal 15-16 Juli 2017 lalu ini melibatkan setidaknya 16 desa di Kecamatan Prambanan serta menggandeng  kurang lebih 16 sanggar tari dari 6 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Dilansir dari rri.co.id, ketua panitia Festival Candi Sojiwan III Muhammad Mabrur Dewantoro mengatakan, festival ini dimeriahkan sekitar 300 seniman dari Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Purwokerto, Salatiga, Magelang, Karanganyar, Sleman, dan tuan rumah Kabupaten Klaten.

Pagelaran wayang orang di Penutupan festival Candi Sojiwan (sumber : tribun jateng)

Dia juga menjelaskan, kegiatan ini mementaskan berbagai seni budaya, dinataranya karawitan, jatilan remaja, tari klasik dan tari kreasi. “Kegiatan ini kami harapkan bisa meningkatkan promosi akan potensi wisata di Desa Kebondalem Kidul Prambanan Klaten ini sebagai Desa Wisata,” tambahnya.

Kegiatan yang sempat vakum dua tahun ini diawali dengan karnaval seni budaya dan gelaran pentas seni. Kemudian esok harinya dilanjutkan dengan senam massal yang diikuti 1600 peserta, gelar seri karawitan dan 17 pentas tari tradisional yang dipusatkan di Lapangan Krida Sakti desa setempat.

Koordinator acara kegiatan, Sutopo seperti yang dilansir situs resmi pemprov Jateng mengatakan, “Penampil tari ada dari Purworejo, Wonosobo, Magelang, Karanganyar, Banjarnegara, dan Semarang. Selain itu juga ada bazar UMKM, kyliner, dan batik Sojiwan. Untuk pembukaannya, kita menampilkan tari berjudul ”Ketam Balas Budi” yang terinspirasi dari relief fabel Candi Sojiwan.

Pagelaran Wayang Orang

Candi Sojiwan (sumber gambar : suaramerdeka.com)
Candi Sojiwan (sumber gambar : suaramerdeka.com)

Setelah beragam kegiatan dilakukan untuk memeriahkan Festival Candi Sojiwan, tibalah puncak kegiatan berupa pagelaran wayang orang. Pagelaran ini digelar di Lapangan Krida Sakti, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, pada sabtu (5/8/2017) malam. Lakon yang diangkat dalam gelaran ini “ARJUNO KEMBAR”. Kegaiatan yang berlangsung dari pukul 18.30-24.00 WIB ini juga menghadirkan Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A. (Wakil ketua MPR RI) Dan Dr. H. Abdul Kharis Al-Masyhari, SE. M.Si. Akt. (Ketua Komisi I DPR RI). Selain wayang orang, kegiatan ini juga diisi dengan sosisalisasi empat pilar kebangsaan yang disampaikan oleh Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. (SJ)

 

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply