Lotek dan Gado-Gado Bu Bagyo, Kuliner Lezat Harga bersahabat

Lotek dan Gado-Gado Bu Bagyo, Kuliner Lezat Harga bersahabat
Lotek Bu Bagyo

Lotek yang mendapat julukan lotekdar di kalangan travel blogger ini memang sudah jadi legenda di Jogja. Namanya sudah banyak dikenal oleh orang Jogja asli, pendatang atau mereka yang hobi hunting kuliner khas suatu daerah. Meskipun di Jogja banyak penjual lotek. Namun tetap saja pada jam-jam tertentu selalu banyak antrian menunggu pesanan dibuatkan.

Meskipun namanya ‘Lotek dan Gado-Gado Bu Bagyo’, namun masyarakat lebih sering menyebutnya Lotek Bu Bagyo.  Oiya, bagi yang belum tahu lotek, makanan ini termasuk jenis makanan rakyat. Isinya sayur-sayuran seperti bayam rebus, kacang panjang rebus, taoge rebus, tomat, timun, dan kubis mentah.  Dilengkapi dengan potongan kupat dan bakwan yang krenyes-krenyes gurih.

Aktivitas membuat Lotek di Lotek Bu Bagyo
Aktivitas membuat Lotek di Lotek Bu Bagyo

Lokasinya yang berada di sekitar kampus, membuat lotek ini selalu penuh oleh pelanggan yang kebanyakan mahasiswa pada jam-jam tertentu. Jadi bisa dipastikan, setiap jam makan siang, parkiran motor di depan warung lotek Bu Bagyo selalu penuh oleh motor dan beberapa mobil.

Satu porsi lotek komplit disini dibandrol dengan harga 12.000 rupiah. Minumnya ada es teh, es jeruk, juga es pisang ijo.  Bagi orang Jogja mungkin harga ini lumayan mahal. Tapi buat kamu orang ibu kota yang  sengaja ke Jogja untuk hunting  kuliner, pasti langsung bilang, “Murah!”. Jangan dibayangkan porsinya semacam nasi rames ya, porsi lotek disini potugal alias porsi tukang gali. Bagi para cewek-cewek bisa untuk 2-3 kali makan. Tapi cukuplah buat kamu yang habis lari-lari dari kenyataan #eh.

Beberapa keistimewaan lotek disini adalah, pertama dan yang utama porsinya buanyak. Cocok untuk kamu yang perut karung. Kedua, rasanya enak. Gado-gadonya juga enak. Pilihan level pedasnya tidak hanya pedas dan pedas banget. Tapi pembeli bisa pesan khusus, misalnya Lombok 15! Meskipun ramai pengunjung, pelayanannya sangat cepat. Tukang nguleknya enggak cuma satu. Jadi, seramai apapun, kurang dari 10 menit, pesananmu sudah terhidang di meja.

Kata Pelanggan Lotek Bu Bagyo

Tarif di Lotek Bu Bagyo
Tarif di Lotek Bu Bagyo

“Loteknya enak, bisa pesan prosi setengah juga. Jadi cocok untukku yang porsi makannya kecil” ujar Isna, salah satu pembeli lotek Bu Bagyo. Sedangkan menurut Ana, seorang mahasiswa UGM yang mengaku sebagai pecinta lotek, “Lotek disini enak, porsinya luar biasa. Pulang dari sini bisa-bisa enggak bisa jalan saking kekenyangannya.”

Disini tidak hanya melayani makan di tempat tapi juga yang take a way. Buat yang ingin beli untuk dibawa pulang, cara pesannya adalah dengan menulis pesanan di sebuah kertas kecil (ini kalau lagi antri), misalnya Cinta, 1 lotek kupat cabe 11, 2 lotek kupat cabe satu bakwan double, 2 es teh.  Lalu akan dicarikan tempat duduk. Begitu jadi, akan dipanggil: Cintaaa!

Selain itu, tempatnya juga mudah dicari. Jadi pas untuk tempat ketemuan. Biar enggak cuma Kopdar, tapi juga lotekdar. Tapi, ada juga kekurangannya, tempatnya tidak cukup luas dan sering ramai pembeli. Jadi tidak cocok untuk ibu-ibu yang membawa anak.  Lotek dan Gado-Gado Bu Bagyo beralamat di Jl. Sagan Baru No.1, Terban, Yogyakarta. Selain itu juga ada cabangnya di timur terminal Condongcatur.

Tertarik untuk mencoba? (SJ)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply