Ayarn Yogurt, Minuman Nasional Turki

Ayarn Yogurt, Minuman Nasional Turki
salah satu produk ayran(sumber gambar : www.fulya.de)

Yogurt merupakan susu hasil fermentasi bakteri. Kombinasi antara laktosa pada susu dengan bakteri asam laktat menghasilkan tekstur dan aroma yang unik. Minuman probiotik yang mengandung mikroorganisme terkontrol pada suhu dan lingkungan tertentu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kaya dengan protein, berbagai macam, vitamin, utamanya vitamin B, dan mineral yang penting untuk tubuh1. Ratusan abad yang lalu ternyata yogurt sudah dipercaya oleh tabib untuk menyembuhkan gangguan perncernaan.

Yogurt Indonesia vs Yogurt  Turki

Di Indonesia, yogurt dikemas dengan berbagai macam rasa yang memanjakan lidah. Ada rasa coklat, aneka buah-buahan, hingga plain atau tanpa perasa. Sehingga tidak heran bila minuman ini menjadi salah satu produk susu yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Namun tiap Negara mempunyai cara sendiri untuk mengemas produk ini. Turki misalnya, Negara ini memiliki cara khas tersendiri dalam mengemas yogurt.

Kata yogurt berasal dari bahasa Turki “yogun” yang berarti padat dan tebal. Di negara itu, yogurt dikenal dengan sebutan Ayran. Ayran merupakan produk fermentasi susu yang ditambahkan air dan garam. Penambahan garam pada ayran ini sudah pasti menghasilkan rasa asin. Meski begitu. Rupanya ayran menjadi minuman favorit orang Turki ketika musim panas. Disini, meminum ayran yang asin merupakan salah satu cara cepat untuk intake sodium di dalam tubuh, sehingga mencegah dehidrasi selama musim panas2.

Menariknya, ayran ini dinobatkan sebagai minuman nasional non alkohol negara Turki oleh Presiden Erdogan3. Jadi jangan heran bila minuman ini selalu tersedia di meja makan atau restauran di Turki. Meski rasanya asin, ternyata sangat nikmat dinikmati bersama dengan burger atau kebab.

Tertantang mencoba yogurt dengan sensasi rasa asin? (AL)

 

1 El Abbadi, N.H., Dao, M.C., Meydani, S.N., 2014, Yogurt: Role in Healthy and Active Aging, Am J Clin Nutr, 99(suppl):1263S-70S

2 https://www.dailysabah.com/feature/2014/05/22/ayran-turkeys-favorite-summer-drink

3 Zaman. 27 April 2013. Archived from the original on 2015-11-17

Berita Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply