Berwisata Ke Kebumen? Tentu Saja

wisata di kebumen

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari wisata konservasi alam, wisata bahari, wisata budaya bahkan edu wisata. Namun, adakah satu tempat yang mempunyai itu semua? Ada. Kebumen namanya. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan kuliner sate ambalnya ini menawarkan semua jenis wisata tersebut.

Wisata Bahari di Kebumen

Kebumen yang terletak di pesisir Selatan pulau Jawa menjadikan kabupaten ini memiliki garis pantai cukup panjang. Selain itu, pantai-pantai di Kebumen juga memiliki keberagaman landscape yang menarik. Pantai-pantai diwilayah Kebumen sebelah Timur memiliki landscape cenderung datar dengan pasir berwarna hitam. Contohnya Pantai Bocor, Pantai Petanahan, dan Pantai Suwuk.

Meski nampak seperti pantai pada umumnya namun pantai-pantai ini sudah dikelola dengan baik. Misalnya pantai Suwuk yang terletak di kecamatan Puring. Pantai ini telah dikelola oleh pemerintah daerah. Sarana prasarana pendukung telah ditambahkan. Ada kebun binatang mini, bangkai pesawat yang telah direnovasi dan lain-lain.

Sedangkan pantai-pantai di bagian barat Kebumen memiliki landscape yang bergelombang. Bukit-bukit dengan ketinggian sedang berbatasan langsung dengan pantai. Selain itu, pasir pun cenderung berwarna putih. Sebut saja pantai Menganti. Pantai yang terletak di Kecamatan Ayah memiliki pasir putih. Disini, pengunjung dapat melihat pantai dari atas tebing.

Kuliner Bahari menjadi salah satu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Hasil ikan laut Kebumen tergolong tinggi dengan tangkapan yang beragam. Maka, banyak sekali pilihan kuliner bahari yang bisa disantap.

Wisata (Konservasi) Alam di Kebumen

National Geographic Indonesia setidaknya mencantumkan 2 destinasi wisata alam favorit di Kebumen yaitu Alian Butterfly Park dan Konservasi Hutan Mangrove Pantai Ayah. Alian Butterfly Park merupakan taman yang terletak di Kecamatan Alian yang menyajikan sensasi keindahan yang sulit ditemukan diperkotaan ataupun wilayah lain. Setidaknya ada 18 jenis kupu-kupu di taman ini. Bahkan di taman ini terdapat kupu-kupu yang hampir punah yaitu kupu-kupu Gajah.

Butterfly Park Alian
Butterfly Park Alian

Hutan Mangrove Pantai Ayah memiliki luas 53 hektar dan dapat dinikmati keindahannya dengan menggunakan kapal. Selama 20 menit, pengunjung dapat menikmati sensasi melewati celah antara bakau yang telah ditanam sejak 12 tahun silam ini.

Kebumen juga mengembangkan wisata kekinian yaitu wisata hutan pinus. Hutan Pinus Pentulu Indah Kebumen merupakan wisata alam yang sayang jika dilewatkan. Panorama yang indah, dan keasrian hutan pinus, menjadikan destinasi wisata ini ramai mengisi media sosial.

Selain destinasi-destinasi tersebut, masih ada gua-gua yang berada di pegunungan karst Kebumen. Sebut saja gua Jatijajar, Gua Petruk, Gua Barat, Gua Pengantin dan lain-lain . Pengunjung dapat melihat stalaktit dan stalakmit yang masih terus bertumbuh. Penyuka Caving harus mencoba wisata ini.

Wisata Budaya di Kebumen

Pada tahun 2014 silam, sebuah rumah di kecamatan Gombong diresmikan menjadi sebuah museum. Rumah tua yang didirikan pada tahun 1920 ini merupakan rumah pertama yang dijadikan museum di Kabupaten Kebumen.  Bangunan ini merupakan peninggalan leluhur dari Martha Tilaar. Maka tidak heran jika di museum ini kita juga dapat menjumpai gallery yang menjual produk kecantikan ataupun jamu produk Martha Tilaar.

Rumah Martha Tilaar
Rumah Martha Tilaar

Selain museum Martha Tilaar, masih di kecamatan yang sama, terdapat pula benteng peninggalan Belanda yaitu Benteng Van der Wijck. Benteng yang berwarna merah ini dibangun pada abad ke 19.

Edu Wisata di Kebumen

Pernah berkeinginan jalan-jalan di dasar samudra? Maka kamu bisa mewujudkannya dengan mengunjungi Karangsambung, Kebumen. Karangsambung yang terletak di bagian utara Kebumen merupakan laboratorium Geologi yang mendunia. Wilayah ini merupakan lantai samudra purba yang telah mengalami pengangkatan. Maka tak heran jika Karangsambung menyimpan banyak sekali fosil dasar laut dan batuan yang tidak ditemukan di wilayah lain.

LIPI Karangsambung
LIPI Karangsambung

Demi menunjang berbagai penelitian Geologi maupun eduwisata di Karangsambung, pada tahun 1964 dibangun  kampus Lapangan  Geologi dibawah  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kampus Lapangan Geologi ini juga telah menyusun paket perjalanan edu wisata yang akan membawa pengunjung berwisata merasakan sensasi berada di dasar samudra, sambil belajar Geologi tentunya.

Jadi, kapan berwisata ke Kebumen? (DD)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply