Puasa Dan Kesehatan

Puasa Dan Kesehatan
Puasa dan Kesehatan

Jutaan umat muslim di seluruh dunia saat ini sedang merayakan bulan Ramadhan. Hari-hari mereka dipenuhi dengan kegiatan berpuasa. Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib dalam islam. Namun ternyata, selain memperoleh pahala, puasa juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaat puasa?

Dr. Michael Mosley mengatakan bahwa puasa tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, namun juga memberi sejumlah manfaat bagi kesehatan.

“Penelitian menunjukkan puasa tidak hanya membantu mengontrol tekanan darah dan kolesterol, tapi juga sensitivitas insulin,” imbuhnya dikutip dari medicalnewstoday.com.

 

Puasa dan Diabetes

Berpuasa secara teratur juga dapat mengurangi resiko seseorang terkena diabetes. Tanpa asupan makanan selama lebih dari 12 jam, kandungan glukosa dalam tubuh juga berkurang.

Dalam penelitian lain, Dr. Valter Longo dari University of Southern California menemukan bahwa puasa selama 2 hari dapat menyegarkan kembali sistem imun dalam tubuh. Penyegaran dengan membersihkan sel imun yang sudah tua dan rusak, kemudian menggantinya dengan yang baru.

 

Puasa dan Kemoterapi

Tak hanya itu, puasa juga memberikan manfaat bagi pasien kanker. Berpuasa 3 hari dapat menghindarkan kerusakan sistem imun yang disebabkan oleh kemoterapi.

 

Puasa dan Penurunan Berat Badan

Setelah 8 jam tubuh tak memperoleh asupan energi dari makanan, tubuh dipaksa mengambil cadangan glukosa yang tersimpan di liver dan otot. Ketika semua cadangan glukosa telah habis digunakan, tubuh mulai membakar lemak untuk memperoleh energi. Inilah alasan mengapa puasa juga dapat menurunkan berat badan.

Dr. Razeen Mahroof dari Universitas Oxford menjelaskan pembakaran lemak juga dapat mempertahankan massa otot. Selain itu puasa juga dapat menjadi media detoksifikasi.

Proses detoksifikasi terjadi karena berbagai racun yang tersimpan lemak hilang dari tubuh,” tuturnya.

 

Puasa dan Kesehatan Mental

Ia juga menambahkan setelah beberapa hari berpuasa, level hormon endorphin dalam tubuh juga meningkat. Meningkatnya hormon yang berkaitan dengan perasaan nyaman ini pada akhirnya akan berdampak positif pada kesehatan mental.

 

Dengan berbagai manfaat tersebut, selayaknya kita semakin meningkatkan kualitas puasa. Selain sebagai ibadah wajib untuk memanen pahala, puasa juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Maka, yok berpuasa! Selamat berpuasa. (SR)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply