Pesona Hutan Pinus, Alternatif Wisata Kekinian

Pesona Hutan Pinus, Alternatif Wisata Kekinian
Hutan pinus Top Selfie Magelang (sumber : Google)

Pariwisata di Indonesia kini tengah berkembang pesat. Banyak tempat wisata baru dibuka dan dikelola dengan apik mengikuti perkembangan jaman. Salah satu tempat wisata yang kini tengah marak yaitu hutan pinus.

Hutan yang semula hanya dimanfaatkan untuk getah dan kayu serta konservasi lahan, kini menjelma menjadi tempat wisata kekinian. Tengok saja di media sosial. Banyak sekali netizen yang mengunggah foto mereka dengan latar belakang barisan pohon pinus. Hutan pinus dianggap memiliki keindahan tersendiri. Pinus atau tusam yang banyak tumbuh di Indonesia adalah pinus Sumatra atau pinus merkusii memiliki batang pohon yang menjulang dengan kulit batang yang khas. Sehingga jika berjajar, pinus akan nampak rapi dan menarik  jika di foto.

Wisata Hutan Pinus Mangunan (sumber : google)
Wisata Hutan Pinus Mangunan

Menurut Rezha, pengunjung salah satu hutan pinus di Mangunan, Bantul, hutan pinus adalah tempat rekreasi yang sunyi dan menyegarkan. Hutan pinus dapat menjadi tempat menyingkir sesaat dari hiruk pihuk kota Yogyakarta.

“Setahun lalu saya kesini, sarana dan prasarana belum selengkap sekarang. Pengembangan pariwisata hutan pinus Mangunan cukup pesat. Berbagai wahana telah dibangun. Misalnya saja panggung, aula, dan lain-lain. Selain itu juga sudah diatur paket-paket outbond. Cocok untuk wisata keluarga, kelompok atau hanya seorang diri,” ujar alumni UGM ini.

Survei terbaru menunjukan 40% anak muda memilih tempat wisata berdasarkan kadar Instagrammability

Berbeda halnya dengan Fita, guru sebuah sekolah dasar swasta di Magelang ini menganggap bahwa fenomena hutan pinus menjadi tempat wisata karena muda-mudi jaman sekarang yang gemar berfoto selfie.

“Jaman sekarang, tempat wisata yang memiliki fasilitas menarik untuk selfie pasti rame. Salah satunya ya hutan pinus. Biar kekinian,” ujar Fita ketika ditemui di hutan pinus Top Selfie Magelang.

Orang jaman dahulu mungkin mencari tempat wisata yang terjangkau cukup murah, ramai, dan lain sebagainya. Namun, standar tersebut mulai bergeser bagi generasi muda. Sebuah study terbaru menunjukan bahwa 40% anak muda memilih tempat wisata berdasarkan kadar Instagrammability. Survei ini dilakukan oleh perusahaan Schofields Insurance terhadap 1.000 generasi muda di Inggris yang berusia antara 18-33 tahun.

Selain menawarkan spot-spot cantik, wisata hutan pinus juga murah. Hanya dengan membayar uang parkir Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 ribu untuk mobil, serta biaya restribusi sebesar Rp.2000, pengunjung sudah bisa puas berfoto dengan background barisan pohon pinus. Tak heran jika hutan pinus kini menjadi tempat wisata yang ramai agar pengunjung bisa ikut kekinian. Selain murah, istagrammable banget kan?

Selain hutan pinus Mangunan yang terletak di Mangunan, Bantul Yogyakarta, dan Hutan Pinus Top Selfie Magelang, masih ada lagi spot-spot hutan pinus di sekitar Yogyakarta. Misalnya hutan pinus Pengger Dlingo Bantul dan Hutan Pinus Pentulu Indah di Kebumen.

Bagaimana, tertarik ikut kekinian dengan berfoto di hutan pinus? (DD)

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply