5 Tips Sehat Puasa Ramadhan

tips sehat puasa ramadhan
Sumber: http://roguehealthandfitness.com

Umat Islam di seluruh dunia kembali dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, setiap muslim diwajibkan menahan makan dan minum lebih dari 12 jam. Tanpa asupan nutrisi seharian, penting untuk menjaga tubuh tetap sehat saat puasa sehingga aktivitas menjadi lancar.

Pakar gizi Charlotte Debeugny memberikan tips menjaga kebugaran selama puasa. Berikut ini adalah tipsnya seperti dilansir dari huffingtonpost.ca.

  1. Cukupi kebutuhan serat dan protein ketika sahur

Selama berpuasa, umumnya orang makan hanya dua kali sehari, yakni ketika sahur dan berbuka. Makan sahur penting sebagai bekal berpuasa seharian.

Makanan yang tinggi akan kandungan protein (telur, kacang-kacangan, dsb.) dan serat (buah, sayur, gandum utuh, dsb.) akan membantu tubuh tetap kenyang untuk waktu yang lama.

  1. Hindari makan berlebihan ketika berbuka

Setelah seharian berpuasa, nafsu makan cenderung meninggi saat berbuka. Sebelum mengkonsumsi makanan berat, sebaiknya dibuka terlebih dahulu dengan sup atau salad. Junk food juga penting untuk dihindari selama ramadhan.

  1. Konsumsi kacang almond dan kurma dibanding kudapan pencuci mulut

Puasa otomatis membuat orang hanya makan ketika malam hari. Hal ini berpengaruh pada metabolisme tubuh, yang akhirnya dapat menambah berat badan.

Kudapan manis yang sering jadi menu favorit.ketika berpuasa. Sayangnya, hal ini semakin meningkatkan kemungkinan berat badan naik. Karenanya, konsumsi kacang-kacangan atau kurma dapat dijadikan pilihan dibanding makanan berkalori tinggi.

  1. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Tubuh tanpa asupan air yang cukup akan mempengaruhi aktivitas seharian. Namun juga tidak disarankan untuk meminum banyak air dalam sekali waktu. Charlotte menyarankan untuk mengkonsumsi buah ketika sahur. Buah mengandung banyak air. Sebaiknya juga hindari kopi dan teh karena minuman ini dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Sebagai gantinya dapat mengkonsumsi  jus atau smoothies.

  1. Berpuasa sesuai kondisi fisik

Bagi yang memiliki keterbatasan kondisi fisik seperti memiliki penyakit diabetes, wanita hamil dan lansia, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa. Karena bagi orang yang tidak mampu, tidak diwajibkan puasa atas dirinya. (SR)

 

RelatedPost

Be the first to comment

Leave a Reply